Jiahh.. Disini Kok Banyak Setifikat Ganda? Jangan-jangan Mainnya.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Jiahh.. Disini Kok Banyak Setifikat Ganda? Jangan-jangan Mainnya..

ilustrasi

FAJAR.CO.Id, PALANGKA RAYA- Kepemilikan sertifikat ganda di Palangka Raya sering terjadi.

Salah satu warga yang mempertanyakan adanya sertifikat ganda yang muncul adalah Singkang Kusuma. Dia mengakui, di atas tanah seluas 50 x 80 m² di Jalan G Obos XIV ternyata memiliki sertifikat ganda. Dia sangat menyanyangkan bisa terbit sertifikat baru atas nama berinisial KSH.

Namun berdasarkan hasil pemeriksaan setempat (PS) oleh hakim, anggota dan panitera. Ternyata KSH tidak bisa menunjukan asal usul atau riwayat tanah, riwayat/warkah saksi-saksi yang berbatasan namanya H Muhdar bin Sariyan yang tertera dalam sebuah sertifikat.

Sementara Kepala Seksi Sengketa, Konflik dan Perkara, Badan Pertanahan Nasional Kota Palangka Raya, Silalahi mengatakan kalau permasalahan atas tanah di Kota Cantik kerap dipicu oleh banyak faktor. Salah satu faktor utamanya yakni kelalaian pemilik tanah dalam menjaga lahannya.

“Membeli atau mempunyai sebidang tanah, jangan hanya dibeli dan disimpan surat menyuratnya. Tapi tanah perlu dirawat, ditanami dan dijaga. Agar tidak mudah diserobot oleh orang lain,” ungkapnya.(ami/ala/al)

To Top