Penerbangan Disini Buka Rute Langsung ke Tiongkok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Penerbangan Disini Buka Rute Langsung ke Tiongkok

ilustrasi

FAJAr.CO.ID, TARAKAN- Karena wisatawan tiongkok dianggap menjanjikan untuk berkunjung ke objek-objek wisata yang ada di provinsi ke-34 ini, termasuk wisata bahari di Berau, Kaltim.

Apalagi, Bandara Juwata telah menyandang status internasional, dan Tarakan merupakan pintu masuk utama melalui jalur udara. Dengan demikian, rute Tiongkok-Tarakan dianggap peluang mendatangkan wisatawan dari Negeri Tirai Bambu itu.

Untuk mendukung rencana tersebut, Otoritas Bandara Juwata pun akan menambah fasilitas penunjang seperti menambah panjangan runway hingga 2.650 meter sehingga bisa didarati pesawat jenis air bus. Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) juga menjadi perhatian untuk pembenahan.

Dengan sejumlah pembenahan itu nantinya bisa mendukung rencana menarik wisatawan asal Tiongkok datang ke Tarakan, dan nantinya tidak hanya berdampak positif kepada perekonomian masyarakat, tapi juga pendapatan Bandara Juwata Tarakan sendiri.

Untuk tahun depan, kata Kepala Bandara Juwata Tarakan Hemi Pamuraharjo, pihaknya ditargetkan bisa memberikan pemasukan dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 40 miliar. Karena itu, pihaknya harus kerja keras dan berinovasi agar bisa mencapai target.

Namun, Hemi belum bisa memprediksikan kapan rencana ini terwujud. Pihaknya masih harus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memuluskan rute Tiongkok-Tarakan.

Saat ini, kata dia, Bandara Juwata Tarakan baru melayani rute internasional dari Tawau, Malaysia dengan pesawat ATR-43. Sebelumnya, juga sempat membuka rute ke Singapura untuk pesawat kargo. Namun, program tersebut tersendat saat baru berjalan beberapa bulan.

Sementara untuk rute nasional, pihaknya juga berencana membuka sejumlah rute baru yang dinilai potensial seperti Tarakan-Bandung dan Tarakan–Denpasar. Sebelumnya, sudah dibuka rute Tarakan–Solo, Tarakan–Palu, Tarakan-Jakarta, Tarakan–Surabaya, Tarakan–Balikpapan.

Selain itu, juga rute ke Malinau, Nunukan, Tanjung Selor, dan beberapa daerah pedalaman dan perbatasan dengan menggunakan pesawat perintis. (*/mrs/fen)

loading...
Click to comment
To Top