Dapat Keringanan, Penista Agama Dituntut 1,5 Tahun Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Dapat Keringanan, Penista Agama Dituntut 1,5 Tahun Penjara

FAJAR.CO.ID, SANGATTA – Kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa NDS (24) memasuki agenda penuntutan di PN Sangatta. Warga Jalan Soekarno-Hatta, Kutim, itu dituntut hukuman 1,5 tahun penjara dan denda Rp 5 juta subsider enam bulan penjara.

Ditemui usai persidangan, jaksa penuntut umum (JPU) M Israq mengatakan, terdakwa dituntut melanggar Pasal 27 Ayat (3) jo Pasal 45 Ayat (1) UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Dalam pasal tersebut, ancaman paling lama yakni enam tahun penjara serta denda paling banyak Rp 1 miliar.

“Kami memberikan beberapa pertimbangan yang meringankan, karena dalam persidangan terdakwa sangat kooperatif,” ucapnya dikutip dari Kaltim Pos (Jawa Pos Group), Kamis (22/12).

Dia menguraikan, ada empat faktor yang memengaruhi tuntutan. Yakni, NDS belum pernah dihukum dan selalu bertindak sopan. Termasuk mengakui dan menyesali perbuatan yang terlalu dilakukannya.

“Sementara kami masih menunggu pembelaan terdakwa. Rencananya akan dibacakan dalam sidang berikutnya,” terangnya.

Diketahui, kasus tersebut mencuat ketika terdakwa mengunggah foto babi yang tersenyum dengan menambahkan keterangan, “Babi Imut Bisa Buat Lebaran Haji” dalam laman Facebook Forum Jual Beli Sangatta Kutai Timur (FJBSKT). Sontak hal tersebut menimbulkan kecaman dari banyak pihak dan cenderung berpotensi menjadi konflik SARA bila tidak diredam.

Selama persidangan, NDS mengaku mengunggah foto tersebut lantaran iseng. Dia tidak tahu efeknya akan membuatnya berurusan dengan hukum. Sidang tersebut berlanjut Rabu (28/1) mendatang. Agendanya pembacaan pembelaan oleh terdakwa. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top