Ingat, Pokoknya Jangan Ada Tempat Hiburan Malam atau Biliar yang Buka! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Ingat, Pokoknya Jangan Ada Tempat Hiburan Malam atau Biliar yang Buka!

Satpol pp menyerahkan surat pemeberitahuan kepada kariawan tempat hiburan

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN  –  Demi menghormati umat Kristiani dalam merayakan Hari Raya Natal, Satpol PP menyebarkan surat edaran wali kota Balikpapan. Surat bernomor 300/1996/Pem tersebut berisi tentang penutupan sementara kegiatan usaha hiburan dan arena bola sodok (biliar).

Penutupan ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Balikpapan Nomor 26/2006 tentang Ketertiban Umum, Perda Nomor 6/2014 tentang Izin Gangguan, dan peraturan wali kota. Seluruh pub, bar, karaoke, panti pijat, dan biliar diberikan surat edaran tersebut.

Penutupannya dimulai Sabtu (24/12) pukul 07.00 Wita hingga Senin (26/12) pukul 06.00 Wita. Sedangkan biliar akan dibatasi waktu, yakni pada pukul 11.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita untuk siang hari dan pukul 21.00 Wita hingga pukul 23.00 Wita. “Untuk biliar ada waktu ditentukan,” ujar Kasatpol PP AKBP Freddy Pasaribu kepada Balikpapan Pos, Selasa (20/12) kemarin.

Sanksi tegas telah menanti jika ada pemilik tempat usaha yang nekat buka meski sudah diberikan surat edaran. Sanksi administrasi dan sanksi pidana terhadap pemilik usaha yang melanggar aturan tertuang pada bab VIII pasal 14 dalam Perda Nomor 26/2000 tentang Izin Hiburan dan Rekreasi Umum.

“Nantinya kami akan melakukan patroli selama penutupan, kami tidak segan-segan akan menutup paksa jika masih buka. Untuk sanksinya sendiri bisa sampai pencabutan izin usaha,” beber Freddy.

Berkaca pada perayaan keagamaan sebelumnya, di mana ada beberapa tempat hiburan dan biliar masih buka meski diwajibkan tutup. “Sebelumnya pernah ada kami tutup paksa biliarnya, peralatannya kami sita, hingga pemiliknya datang ke kantor untuk dimintai keterangan. Kami akan lebih tegas lagi nantinya,” tegasnya.

Pihak Satpol PP berharap, seluruh pemilik usaha menghormati umat beragama yang merayakan perayaan dengan mematuhi peraturan yang diterbitkan pemerintah. (pri/war/k1)

Click to comment
To Top