Rumah Ditinggal Salat, Perampok Ini Masuk lewat Ventilasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Rumah Ditinggal Salat, Perampok Ini Masuk lewat Ventilasi

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPANSuwito Prayitno, terduga pelaku kasus pencurian dan kekerasan (curas) di rumah milik Gita Yunidha Sidabalok, Jalan Ahmad Yani, RT 29, Kompleks Perumahan Pertamina, Balikpapan Tengah, terancam di penjara selama sembilan tahun. Kisah kelam pria ini berawal ketika mencuri satu unit iPod, dua hari lalu (23/12). Sebelum beraksi di perumahan karyawan minyak dan gas (migas) itu, Suwito sudah melakukan pengintaian.

Informasi yang dihimpun dari Polsek Balikpapan Utara, pelaku mencoba merampok ketika suasana rumah target sedang lengang. Saat salat Jumat, di dalam rumah hanya ada Gita seorang diri. Dia beristirahat di ruang tamu. Sementara suaminya, berangkat ke masjid. Mengetahui rumah dalam keadaan sepi, pelaku kemudian mencongkel ventilasi belakang rumah.

Suwito Tersangka yang berhasil ditangkap

Tiba-tiba, Gita menuju bagian belakang rumah untuk mengambil sesuatu. Namun dia kaget melihat ada pria asing di dalam rumah. Panik aksinya ketahuan, pelaku melukai pemilik rumah dengan mengempaskan korban ke tembok. Korban pun mengalami luka serius dan harus mendapat penanganan di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). Setelah itu, pelaku melarikan diri setelah membuat korbannya jatuh. Dia menjebol plafon rumah, dan keluar melalui rumah kosong di sebelah rumah korban.

Tak butuh waktu lama, setelah mendapatkan laporan dan identitas pelaku, Polsek Balikpapan Utara langsung memburu pelaku. Setelah bernapas lega sekitar lima jam, sekira pukul 17.00 Wita, polisi berhasil mengamankan Suwito, di kawasan Pasar Klandasan. Saat akan diamankan, pelaku pun diamuk massa hingga menyebabkan luka lebam dibagian mukanya.

Panit Reskrim Polsek Balikpapan Utara Ipda Subari, mengatakan, pelaku dijerat pasal 365 KUHP. “Dia kedapatan mengambil iPod. Harganya lebih dari Rp 10 juta,” ucap Kapolsek Balikpapan Utara AKP Sopyan. “Bukan (perampokan), ini murni curas. Karena ketahuan,” tandasnya. (*/ay/riz/k18)

Click to comment
To Top