Pekerja Lokal Banyak di PHK , Masyarakat SBT Demo Perusahan Citic – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Pekerja Lokal Banyak di PHK , Masyarakat SBT Demo Perusahan Citic

FAJAR.CO.ID, BULA – Kebijakan PT Citic Seram Energi Limited melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi karyawannya menuai protes.

Protes yang dilakukan dengan aksi demonstrasi oleh Forum Solidaritas Pemuda (Fospem) Bula pada, Selasa kemarin terhadap keputusan PT Citic itu karena dinilai tak masuk di akal. Pasalnya, pekerja yang di PHK hampir semua dari putra daerah Seram Bagian Timur (SBT), dimana PT Citic beroperasi di daerah itu.

“Ini persoalan harga diri warga SBT. Tindakan PHK oleh pihak perusahaan sangat tidak rasional dan ini sangat merugikan masyarakat SBT pada umumnya,” kata koordinator aksi Abdullah Wadjo lewat telpon selulernya.

Dikatakan, hal yang lebih parah lagi, ada PHK terhadap salah satu pekerja lokal tanpa alasan yang jelas. ‘’Ini yang kami pertanyakan juga. PHK tanpa alasan yang jelas. Dan bahkan dari hasil investigasi kami, ada hak yang diduga belum dipenuhi oleh perusahaan,” paparnya.

Dalam tuntutan aksi, demonstran juga meminta pihak perusahaan segera pulangkan karyawan non lokal yang dianggap tidak produktif. “Sebab jabatan-jabatan yang mereka duduki banyak ada di Bula. Kenapa tukang gosok-gosok garis dan tukang ganti oli saja mesti bawa dari luar Maluku? Itukan mubazir.

“Kemudian adalagi pimpinan security juga koq di ambil dari luar Maluku. Padahal pensiunan TNI/Polri yang anak lokal banyak kok. Kami merasa aneh saja dengan perusahaan saat ini,” jelasnya. (Fajar)

loading...
Click to comment
To Top