Terbukti Terima Suap Reklamasi, Sanusi Ikhlas Divonis 7 Tahun Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Terbukti Terima Suap Reklamasi, Sanusi Ikhlas Divonis 7 Tahun Penjara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota DPRD DKI Jakarta M Sanusi terisak usai mendengarkan vonis tujuh tahun penjara dari majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Sembari menahan tangis, terdakwa suap dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) itu mengaku ikhlas dengan hukuman yang diterimanya itu.

“Saya pribadi enggak ada masalah. Saya udah bilang Alhamdulillah. Jadi enggak apa-apa,” kata Sanusi sembari menyeka air mata yang jatuh ke pipinya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (29/12).

Sanusi pun berharap dengan hukuman yang nantinya akan dia jalani, bisa menjadikannya pribadi yang lebih baik.

“Satu, dua, tiga (tahun) enggak ada nilainya. Kalau anda enggak bisa jadi orang yang lebih baik,” ujar adik dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik itu dengan mata berkaca-kaca.

Sebelumnya, Sanusi divonis tujuh tahun penjara dan denda sebesar Rp 250 juta subsider dua bulan kurungan.

Hakim menyatakan Sanusi terbukti menerima suap sebesar Rp 2 miliar secara bertahap dari eks Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL), Ariesman Widjaja.

Suap diberikan melalui asisten Ariesman, Trinanda Prihantoro.

Suap diberikan agar Sanusi selaku Ketua Komisi D DPRD DKI 2014-2019 dapat membantu percepatan pembahasan dan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKSP).

Serta, agar Sanusi mengakomodir pasal-pasal sesuai keinginan Ariesman selaku Presdir PT APL dan Direktur Utama PT Muara Wisesa Samudra (MSW).

Hal itu agar PT MSW mempunyai legalitas untuk melaksanakan pembangunan di Pulau G kawasan Reklamasi Pantura Jakarta.

Sanusi juga terbukti melakukan pencucian uang. Dia disebut menyamarkan uang hasil korupsinya yang didapat dari sejumlah rekanan Dinas Tata Air Pemprov DKI Jakarta dengan membelanjakan sejumlah aset.

Di antaranya, Apartemen Soho Jakarta seharga Rp 1,28 miliar, Villa Vimala Hills Bogor seharga Rp 1,73 miliar, Mobil Audi A5 seharga Rp 875 juta, serta mobil Jaguar seharga Rp 2 miliar. (Fajar/jpg)

loading...
Click to comment
To Top