Bupati Mojokerto Masuk Annual Report KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Bupati Mojokerto Masuk Annual Report KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP) dijerat pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Hal itu terlihat dari annual report (laporan tahunan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2015.

Nama MKP masuk dalam deretan kasus yang pernah dilakukan supervisi oleh Komisi Antirasuah ke Mabes Polri. Dalam laporan tersebut, MKP diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi (TKP) kasus kredit fiktif Bank Jatim cabang HR. Muhammad, Surabaya, senilai Rp 52,3 miliar.

Klarifikasi KPK bernomor: R-1384/20-25/09/2014 itu dilayangkan ke Kabareskrim Mabes Polri tertanggal 25 September 2014. Empat bulan kemudian, tepatnya 31 Desember 2014, surat KPK itu dijawab Mabes Polri dengan Nomor: R/1974/Tipidkor/XII/2014. Hasil klarifikasi tersebut menegaskan, penanganan perkara atas tersangka MKP dilakukan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri dengan persangkaan TPPU.

Kasus MKP itu merupakan satu di antara 56 kasus yang telah diklarifikasi KPK kepada aparat penegak hukum sepanjang 2015. Bukan hanya dari kepolisian, sejumlah kasus di Kejaksaan juga ikut dipantau.

Menyikapi kabar tersebut, MKP tampak tak gugup. Dia mengaku sudah mendengar kabar yang menyebar secara viral di media sosial itu. ’’Iku urusane wong-wong nduwur kono (itu urusan orang-orang atas sana),’’ ujarnya. ’’Kalau nggak ingin dilaporkan ke polisi, jaksa, dan KPK, ya jangan jadi pejabat. Buka warung kopi di pojokan saja,’’ imbuhnya.

Dengan isu yang terus menyebar, MKP menerima dengan lapang dada dan tak menyimpan dendam sedikit pun. ’’Itu memang dinamikanya. Kami terima. Ya itu, ada siang, ada malam, ada manis ada pahit. Namanya juga manusia,’’ ungkapnya.

Dia sempat mengutip salah satu hadis yang berisi tentang kodrat manusia. ’’Tidak ada manusia yang sempurna. Sebaik apa pun, manusia selalu saja memiliki salah,’’ katanya.

Sebelumnya, MKP menunjukkan sederet prestasi yang telah diraih Pemkab Mojokerto. Mulai pembangunan infrastruktur jalan yang digeber sejak empat tahun terakhir, hingga LPJU yang kini sudah nyaris rampung.

Seperti diberitakan, MKP kembali menjadi pembicaraan hangat sepekan terakhir. Namanya disebut-sebut telah menyandang status tersangka oleh Mabes Polri atas kasus kredit fiktif di Bank Jatim, cabang HR. Muhammad, Surabaya.

Kabar MKP berurusan dengan hukum tidak hanya sekali. Sebelumnya, saat memasuki cuti tahun lalu, dia dikabarkan ditangkap polisi karena kasus narkoba. Namun, hal tersebutterbantahkan lantaran kabar operasi tangkap tangan (OTT) itu hanya isu. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top