Gila! Gaji TKA Tiongkok di Sulteng 4 Kali Lipat dari Tenaga Lokal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Gila! Gaji TKA Tiongkok di Sulteng 4 Kali Lipat dari Tenaga Lokal

BURUH KASAR: Sejumlah tenaga kerja asing (TKA) saat menjalani jam istirahat siang di Desa Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, kemarin. Seharusnya TKA hanya untuk tenaga kerja ahli, tapi ada dari mereka yang bekerja sebagai buruh. Foto: IMAM HUSEIN/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, SULTENG-  Keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA), ilegal asal Tiongkok di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, ternyata sudah ada sejak lama, namun belum adanya operasi keimigrasian dan ketenagakerjaan yang berhasil mengungkap keberadaan pekerja itu.

Berdasar penelusuran Jawa Pos (Grup Fajar), di lokasi proyek yang berada di Desa/Kecamatan Morosi, Konawe, mudah ditemukan pekerja asing yang menduduki posisi buruh angkut campuran semen, angkut potongan besi, hingga sopir kendaraan katrol.

Para pekerja asing itu bekerja di proyek pembangunan nasional yang digarap investor Tiongkok.

’’Yang terdata secara tertulis di perusahaan dan imigrasi hanya 600 pekerja asing,’’ ujar Fahrudin, warga setempat, kepada Jawa Pos kemarin (30/12).

Fahrudin menceritakan, para TKA itu selalu lari saat ada operasi imigrasi dan ketenagakerjaan. Misalnya, saat operasi keimigrasian beberapa minggu lalu, tak ada seorang pun tenaga kerja asing kasar yang terjaring.

To Top