Tangani Tiga Kasus Korupsi, Penyidik Polres Bekasi Diintervensi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Tangani Tiga Kasus Korupsi, Penyidik Polres Bekasi Diintervensi

FAJAR.CO.ID, BEKASI – Pernyataan mengejutkan datang dari Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Umar Surya Fana.

Dia mengungkapkan bahwa ada tiga kasus dugaan korupsi yang melibatkan instansi pemerintah setempat pada 2016.

Hanya saja, penanganannya belum rampung lantaran adanya intervensi.

“Sebenarnya proses lidik kasus korupsi hanya sebentar. Namun saat naik ke proses penyidikan muncul tekanan (intervensi) kepada penyidik cukup besar,” kata dia, Jumat (30/12) kepada awak media dalam perbincangan akhir tahun.

Dikatakan Umar, sejak menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi Kota pada Oktober 2016, dirinya telah melimpahkan 3 dugaan kasus korupsi itu kepada Satuan Reserse Kriminal Polrest Metro Bekasi Kota.

“Saya baru menerima 3 laporan indikasi korupsi itu pada Oktober 2016. 3 data dugaan korupsi itu saya serahkan ke Reskrim. Kita tangani pada 2 unsur pelanggaran, yakni memperkaya diri sendiri serta tindakan melawan hukum,” beber dia.

Di ungkapkan Umar, tingginya intervensi dari pihak yang melakukan pembelaan terhadap terlapor, turut menghambat jalannya penanganan kasus di kepolisian.

“Baru dipanggil klarifikasi saja (terlapor), intervensinya sudah luar biasa dari pihak luar,” tutur dia.

Dia melanjutkan, pihaknya segera berkoordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menghitung kerugian negara atas dugaan kasus ini.

“Kalau dugaan pidananya muncul, kita minta BPKP untuk audit,” tegas dia.

Umar menargetkan, ketiga kasus itu akan naik pada tahapan penyidikan paling lambat April 2017.”Biasanya proses penyidikan butuh waktu 20 hari tersangka bisa ditahan”. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top