Ini Penyebab Kebakaran Kapal Zahro Express Versi Polisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Ini Penyebab Kebakaran Kapal Zahro Express Versi Polisi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polisi telah memulai penyelidikan kasus terbakarnya KM Zahro Express di perairan utara Jakarta, Minggu (1/1). Polisi pun sudah mengantongi dugaan awal tentang penyebab kebakaran yang mengakibatkan 23 penumpang kapal meninggal dunia itu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan mengatakan, anak buahnya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mulai mengumpulkan keterangan saksi-saksi. Hasil sementara, ledakan mesin kapal diduga menjadi pemicu kecelakaan.

“Informasi awal ada ledakan di mesin kapal. Tapi kita akan kembali melakukan pengangkatan kapal ini untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/1).

Iriawan menjelaskan, sejumlah saksi juga telah dimintai keterangan atas kejadian ini. Di antaranya nakhoda, anak buah kapal (AKP) serta petugas administrasi di pelabuhan.

Dari data polisi, ada 191 penumpang KM Zahro Express. “Tapi kami akan cek lagi, mungkin ada yang dobel orang yang melapor kehilangan keluarga dengan ada yang terbakar gosong,” tambahnya.

Namun, kata Iriawan, data dari manifest kapal menyebutkan hanya ada 100 orang di kapal. Padahal nyatanya ada 285 orang.

“Berarti ada perbedaan yang tidak sama. Ini kenapa, akan kami dalami. Kemudian batas kapal 285 (kapasitas maksimal penumpang, red) akan kami dalami betul benar atau tidak,” tegasnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top