Kenali Gejala dan Penyebab Diabetes Pada Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Kenali Gejala dan Penyebab Diabetes Pada Anak

FAJAR.CO.ID – Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengidap penyakit diabetes. Umumnya, usia dewasa terpapar penyakit ini karena gaya hidup yang salah. Namun banyak pula anak-anak yang mengalami penyakit ini.

Dilansir Boldsky, Senin (2/1), jumlah anak pengidap diabetes meningkat karena pola hidup, lingkungan, hingga faktor genetik.Pada anak penyakit diabetes terdapat dua tipe diabetes, sebagai berikut:

Diabetes Tipe I
Anak-anak dengan diabetes umumnya mengalami diabetes tipe I. Kondisi ini terjadi akibat kerusakan sel pada pankreas.

Tubuh anak gagal memproduksi insulin. Sehingga akan sulit bagi tubuh mengubah konsumsi karbohidrat menjadi energi. Kadar gula darah dalam tubuh juga melonjak.

Diabetes Tipe II
Anak-anak yang mengalami diabetes tipe II memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi sehingga tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Kondisi ini menyebabkan masalah pada ginjal, jantung, hingga penglihatan jika tak ditangani dengan tepat.

Sebelum diabetes menyerang anak, kenali dulu beberapa gejalanya, sebagai berikut:

Pra Diabetes
Kondisi ini dialami anak-anak dengan kadar gula darah tinggi namun tidak lebih tinggi seperti diabetisi. Jika hal ini ditanggulangi, diabetes dapat dicegah.

Penyebab Diabetes
Dapat disebabkan banyak faktor. Bisa karena faktor keturunan, kerusakan pankreas yang menyebabkan penyebaran infeksi, kondisi gaya hidup, kegemukan, hingga faktor lingkungan.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan, anak akan lebih cepat terkena diabetes jika mereka minum susu sapi sejak usia sangat kecil.

Gejalanya
Beberapa gejala anak mengalami diabetes yaitu sakit perut, sering buang air kecil, kelelahan, perubahan suasana hati, penglihatan kabur, mati rasa di beberapa daerah tubuh, luka sulit mengering, badan terus menurun, hingga tekanan darah rendah. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top