Tarif PSK China Paling Murah Rp2,8 Juta, Ini Tanggapan Komisi III DPR RI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tarif PSK China Paling Murah Rp2,8 Juta, Ini Tanggapan Komisi III DPR RI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menangkap 76 PSK asal China di sejumlah tempat hiburan di Indonesia. Mereka terjaring dalam operasi pengawasan orang asing terkait pengamanan malam tahun baru 2017 di sejumlah tempat hiburan.

Para gadis mata sipit itu kedapatan bekerja sebagai terapis pijat, pemandu lagu, serta PSK di sejumlah tempat di DKI Jakarta. Dalam kegiatannya, cewek China yang usianya berkisar 18-30 tahun memasang tarif transaski seksual mulai dari Rp 2,8 juta hingga Rp 5 juta.

Penangkapan para cewek asal Tiongkok itu menjadi sorotan anggota Komisi III DPR, Erma Suryani Ranik. Erma meminta Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Kementerian Tenaga Kerja untuk melakukan operasi besar-besaran untuk merazia tenaga kerja asing (TKA) ilegal.

Sebab, ditangkapnya 76 perempuan asal Tiongkok yang berprofesi sebagai PSK itu menunjukkan TKA ilegal banyak di tanah air.

“Saya mengapresiasi langkah kecil ini. Namun, akan lebih efektif lagi jika mengamankan TKA ilegal di wilayah lain di Indonesia,” ujar Erma Suryani Ranik kepada JawaPos.com, Senin (2/1).

Agar TKA ilegal itu dapat ditertibkan, maka razia besar-besaran TKA ilegal itu perlu diperluas ke wilayah lainnya. “Yang melibatkan imigrasi dan kementerian tenaga kerja untuk menertibkan TKA yang ilegal,” sambugnya.

Apakah perlu adanya moratorium kebijakan bebas visa untuk menertibkan TKA ilegal tersebut? “Saya kira usulan ini patut dipertimbangkan oleh pemerintah,” jawab Erma.

Lebih lanjut dia berharap ada sanksi tegas terhadap perusahaan yang mempekerjakan TKA ilegal. Termasuk jika perusahaan tersebut dicabut izin operasionalnya.

“Saya setuju (dicabutnya izin perusahaan),” pungkas politikus Partai Demokrat itu. (Fajar/jpg/pojoksatu)

Click to comment
To Top