PENTING! Pemerintah Harus Konkritkan Masalah ini Sekarang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

PENTING! Pemerintah Harus Konkritkan Masalah ini Sekarang

FAJAR.CO.Id, JAKARTA- Di Tahun 2017, pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh pemerintahan Jokowi masih banyak dan perlu dikonkritkan.
Begitu dikatakan pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro kepada wartawa, Selasa (3/1).

Dia mengakui tahun 2016 kemarin ada pencapaian-pencapaian yang menggembirakan dan ada pula yang tidak menggembirakan dari kinerja Presiden Jokowi dan para menterinya.

“Tapi pekerjaan rumah pemerintahan Jokowi di tahun 2017 ini masih sangat banyak yang harus dieksekusi atau dikonkritkan,” kata siti Zuhro.

Hal yang paling mendasar adalah dalam membangun penegakan hukum dan keadilan. Sebab, penegakan hukum sesungguhnya sangat penting dilakukan karena tak hanya sebagai landasan utama bagi pembangunan ekonomi saja tapi juga politik dan sosial budaya.

“Pembangunan bidang hukum ini tak bisa ditawar dan harus dilakukan secara serius tanpa basa basi. Karena ini adalah taruhan bagi kredibilitas Jokowi selaku presiden,” ujarnya.

Indonesia harus mengedepankan trust building karena nilai saling percaya dan menghormati menjadi pondasi yang tak bisa disepelekan dalam proses demokrasi.

“Mengembangkan nilai-nilai tersebut sangat diperlukan. Sebab kalau gagal mewujudkan ini berarti demokrasi yang kita bangun akan bopeng-bopeng karena  tidak pernah substantif,” tegas Siti Zuhro. [ian]

Click to comment
To Top