PENTING! Ternyata Orang yang Sering Khawatir Berlebihan Bisa Disembuhkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

PENTING! Ternyata Orang yang Sering Khawatir Berlebihan Bisa Disembuhkan

SESEORANG dengan gangguan rasa cemas sering merasa khawatir berlebihan. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk merenung hal terburuk.

Psikiater memiliki cara untuk mengatasinya. Sedikitnya ada 7 cara mengatasi rasa cemas berlebihan seperti dilansir Huffington Post, Senin (2/1).

1. Atur Rasa Khawatir Sesuai Jadwal
Jika Anda sedang cemas memikirkan hal tertentu, coba tunda pikiran itu hingga beberapa saat kemudian. Profesor dan Psikiater Klinis University of Michigan, Ricks Warren mengatakan teknik ini disebut menunda kekhawatiran.

Sebagai contoh, Anda cemas tentang presentasi pekerjaan besok. Anda dapat berkata kepada diri sendiri bahwa Anda tidak sedang bekerja sekarang, besok saja berpikir hal itu saat berada di kantor. Hal ini dapat diatasi pula dengan bercerita kepada teman di kantor.

2. Membuat Skala Kecemasan
Ambil kertas lalu tulis angka 0 di awal, 50 di tengah dan 100 di akhir. Warren menyebutnya skala kecemasan. Kemudian tanya pada diri sendiri, apa hal yang paling buruk yang akan terjadi.
Tujuannya agar sistem rating tersebut dapat menemukan solusi bagi Anda dan apa yang perlu dilakukan. Atau jika tidak terlalu mengkhawatirkan, biarkan masalah itu pergi.

3. Pecahkan Masalah Besar Menjadi Bagian Kecil
Psikiater lainnya dari Stanford University, Keith Humphreys menjelaskan, memulai dari hal kecil dapat mengatasi rasa cemas sedikit demi sedikit.

Misalnya Anda tidak nyaman saat berada di pesta, Anda cukup menyapa tuan rumah atau berbicara singkat pada seseorang yang belum dikenal.

4. Hadapi Rasa Cemas
Penelitian dari University of California, Los Angeles menjelaskan rasa cemas justru harus dihadapi. Dengan meyakinkan diri hal yang terburuk tidak akan terjadi, Anda akan meminimalkan rasa takut.

Misalnya, Anda takut naik kereta bawah tanah, maka paksa diri Anda untuk melawan ketakutan itu. Setelah hal itu tak terbukti, maka ketakutan dapat hilang dengan sendirinya.

5. Paksa Diri untuk Tenang
Fokus, tarik napas dalam, dan letakkan kaki di lantai. Coba tersenyum bahkan jika Anda tidak dapat tersenyum. Biarkan otot tegang pergi dan rileks sejenak. Jangan ikuti emosi.

6. Anda Tidak Hidup Sendiri
Jangan terlalu cemas karena Anda tidak hidup sendiri. Gangguan rasa cemas adalah kondisi kesehatan mental yang paling umum. Hampir 40 juta orang dewasa di Amerika mengalami hal itu selama hidupnya. Dukungan teman dan keluarga sangat membantu.

7. Pengidap Rasa Cemas Butuh Perhatian
Rasa cemas perlu perhatian serius. Sebab menurut Pusat Pencegahan dan Pengawasan AS, hanya 25 persen seseorang dengan gangguan mental yang merasa orang lain memahami mereka.

Seseorang dengan gangguan ini membutuhkan perhatian. Karena Anda punya hak untuk merasa tenang dan sehat. (Huffington Post/cr1/JPG)

loading...
Click to comment
To Top