Awalnya Ledakan, Setelah itu Semua Hangus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Awalnya Ledakan, Setelah itu Semua Hangus

FAJAR.CO.ID, BONTANG- Ridwan dan putranya bernama Fandi harus menelan pil pahit di awal tahun, pasalnya mereka harus rela rumah beserta isinya dilahap si jago merah, Minggu (1/1). Api melalap habis bangunan kayu di Jalan Tenis (Eks Jalan Reformasi) Gang Amanah RT 31 Nomor 155, Kelurahan Api-api itu dalam hitungan menit.

Untuk sementara, api diduga berasal dari korsleting atau hubungan pendek arus listrik.

Menurut data yang dihimpun di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran terjadi sekitar pukul 22.45 Wita saat Fandi berkunjung ke rumah tetangganya yang berada tepat di depan rumahnya, sementara sang ayah sedang bekerja.

“Awalnya saya dengar suaran letupan dua kali. Kemudian saya dan istri keluar dan melihat apinya sudah besar,” ujar Basri tetangga korban.

Saksi mata lainnya yang merupakan Ketua RT 31, Budi Purwanto mengatakan, kemungkinan besar penyebab kebakaran adalah korsleting listrik.

“Kemungkinan arus pendek, karena ledakan awal terdengar dari sebelah kiri dan ada nyala seperti kembang api dari dalam rumah,” terang Budi.

Mobil pemadam kebakaran tiba di TKP sekitar pukul 23.00 Wita dan dalam hitungan waktu kurang lebih 30 menit api telah berhasil dipadamkan. Saat menerima laporan dari warga sesaat kejadian berlangsung, petugas pemadam kebakaran yang dipimpin Didik Praseto ini langsung bergegas mencari lokasi kebakaran.

“Tadi sempat salah alamat, kami sempat masuk ke daerah BTN KCY. Empat unit yang kami turunkan malam ini, dua unit masuk dan dua lainnya standby,” terang Safruddin, salah seorang petugas pemadam kebakaran.

Terkait data kerugian akibat kebakaran ini, belum dapat dipastikan, seluruh barang berharga tidak berhasil diselamatkan termasuk seluruh ijazah pendidikan milik Fandy, yang baru saja datang ke Bontang untuk mencari kerja.

Sementara itu, Ahmad Yani, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang saat dihubungi mengaku, belum mengetahui pasti penyebab kebakaran. Hanya saja kata dia, pada saat kebakaran, dirinya menurunkan 42 anggota BPBD ke lokasi kejadian menggunakan 4 unit armada.

“Sejauh ini, belum diketahui pasti detail kerugian materil akibat kejadian itu. Kecuali rumah yang nyaris habis terbakar. Tapi yang pasti, tidak ada korban jiwa,” tukasnya. (rm-2/ama)

Click to comment
To Top