Dokter yang Bikin Status SARA di Facebook Bersedia Sumpah Adat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Dokter yang Bikin Status SARA di Facebook Bersedia Sumpah Adat

FAJAr.CO.ID, MUARA TEWEH-Pemilik akun asli Facebook, Mario Agung Asmara tidak hanya melaporkan ke Polres Batara, atas akun palsu mirip dirinya. Dokter RSUD Muara Teweh pun bersedia disumpah adat, untuk meyakinkan warga, bahwa dirinya tidak pernah membuat status yang berbau SARA.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Batara, Drs Jonio Suharto MIP menjelaskan, sumpah adat telah dilakukan pada Sabtu (31/12), dengan menggunakan adat Dayak Dusun Bayan. Ritual dipimpin tokoh adat Dayak Surung Rupa, keturunan dari leluhur Temanggung Rupa.

“Ritual penanganan kasus penghinaan berbau SARA telah dilakukan,” ungkap Jonio, kemarin (2/1).

Pria yang aktif sebagai aktivis lingkungan ini menerangkan, ritual diawali dari dialog dengan dr Mario Agung Asmara. Di mana Mario tetap pada pernyataan di Pores Batara. Yaitu, tidak mem-posting status maupun tulisan yang menistakan yang mengarah ke SARA.

Agung, sapaan akrabnya, berani bersumpah dihadapan DAD, Gerda Dayak, Polres Batara dan tokoh adat Dayak Batara lainnya. Prosesi ritual sumpah mewajibkan Agung membuka baju, karena beras kuning merah harus dihujamkan ke tubuhnya, sebanyak tiga kali berturut-turut.

“Hujaman pertama butiran beras cukup banyak yang lengket di tubuh yang bersangkutan, menyusul kedua dan ketiga,  semakin sedikit yang melekat,” beber Jonio. Mantan birokrat itu menambahkan, sumpah berkonsekuensi paling berat kematian, paling ringan jatuh sakit dalam tenggang waktu tiga kali tujuh hari. “Mohon maaf sekali foto ritual dilarang pihak kepolisian untuk dipublikasikan, sehingga kami mengikuti aturan tersebut,” pungkasnya. (cah)

Click to comment
To Top