Kapolri Curiga Ada Sponsor Dibalik Buku Jokowi Undercover – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kapolri Curiga Ada Sponsor Dibalik Buku Jokowi Undercover

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan bahwa pihaknya bakal menelusuriberbagai kemungkinan motif di balik buku Jokowi Undercover karya Bambang Tri Mulyono. Salah satunya adalah menyelidiki kemungkinan adanya pihak yang menjadi sponsor bagi pria asal Blora itu untuk menulis Jokowi Undercover.

“Kita akan lihat siapa di belakang dia. Kita akan usut. Tolong catat itu,” kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Rabu (4/1).

Menurut Tito, Jokowi Undercover sama sekali tidak ilmiah. Bahkan buku yang terbalnya ratusan halaman itu tidak mengikuti sistematika penulisan.

“Itu kemampuan menulisnya berantakan. Tidak mengikuti sistematika, pelajaran-pelajaran terdidik, yang sarjana sekelas skripsi saja tidak,” lanjut Tito.

Karenanya, penyelidikan kasus Jokowi Undercover tidak hanya berhenti pada penulis maupun caranya memasarkan buku. Penyelidikan terus dilanjut hingga kasus ini terang benderang.

“Kita akan dalami siapa yang menggerakkan, siapa yang mengajari dia,” tegas Tito.

Sebelumnya, Bareskrim  Polri telah menangkap Bambang di rumahnya pada pekan lalu. Mantan wartawan itu dalam bukunya menyebut Presiden Joko Widodo merupakan keturunan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dalam kasus itu, Bambang dijerat dengan tiga pasal sekaligus. Yakni Pasal 16 Undang-Undang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, Pasal 5 (a) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta Pasal 207 KUHP tentang penghinaan terhadap penguasa negara. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top