Sssstttt…. Jokowi Restui Pemblokiran 11 Situs Islam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Sssstttt…. Jokowi Restui Pemblokiran 11 Situs Islam

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Di penghujung tahun 2016, pemerintah resmi memblokir 11 media online berbasis Islam.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza mengatakan, pemblokira 11 situs itu karena dianggap menyebarkan konten ilegal.

Pemblokiran itu merupakan hasil pantauan Kemenkominfo terhadap 200 situs online yang sedang diawasi.

Dari 200 situs, 11 di antaranya diblokir karena dianggap menyebarkan konten negatif, seperti ujaran kebencian, fitnah, provokasi, SARA, hingga penghinaan simbol negara.

“Media online yang diblokir diyakini bermuatan negatif,” tegas Noor Iza.

Kini para netizen yang masih ingin mengakses 11 media online berbasis Islam itu, akan dialihkan ke halaman Trust Positif/Internet Baik. Seperti saat membuka situs porno.

Kendati demikian, beberapa situs yang diblokir itu masih bisa diakses saat menggunakan Internet service provider (ISP) lain.

Pemblokiran 11 media online tersebut tak lepas dari arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Kepresiden pada Kamis (29/12/2016).

Saat itu, Jokowi meminta agar media online penyebar berita fitnah dan berita hoax segera dievaluasi.

Pemblokiran 11 media online tersebut mendapat reaksi beragam dari masyarakat.

Sebagian setuju, tapi ada pula yang menganggap pemblokiran 11 media online tersebut merupakan kemunduran dalam kemerdekaan pers.

Wakil Ketua DPR RI Fadli mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah berbuat diskriminatif dan sewenang-wenang.

Sebab, pemblokiran media online harusnya dilakukan secara transparan, serta melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan.

“Pemblokiran yang sewenang-wenang selain dapat melanggar konstitusi. Juga mengancam kebebasan berpendapat yang telah dibangun,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/12).

Click to comment
To Top