Ternyata Irman Gusman Sempat Hubungi Ketua KPK Saat Terjaring OTT – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Ternyata Irman Gusman Sempat Hubungi Ketua KPK Saat Terjaring OTT

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman terungkap sempat ingin menghubungi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo saat terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada 16 September 2016.

Hal itu dilakukan Irman lantaran merasa bingung karena dijemput petugas KPK pada malam hari usai menerima tamu dari Padang, Xaveriandy Sutanto dan istrinya Memi.

Hal tersebut diungkap penyelidik KPK, Bayu Anwar Sidik, saat menjadi saksi dalam sidang kasus suap yang menjerat Irman Gusman di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (4/1).

“(Irman mau telepon) Ketua KPK Pak Agus mau tanya ada apa,” kata Bayu kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Ahmad Burhanuddin.

Lucunya, niat menghubungi ketua KPK itu urung dilakukan Irman Gusman. Sebab, kata Bayu, Irman baru sadar bahwa tidak ada nomor ponsel Agus Rahardjo di deretan kontak ponselnya.

“Tapi enggak jadi. Cek HP kemungkinan enggak ada nama Pak Agus,” ujar Bayu.

Bayu mengatakan, pada malam penangkapan itu, tim satgas KPK awalnya mengamankan Memi yang baru saja keluar dari kediaman Irman Gusman di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan. Menurut dia, Memi pun awalnya mengelak telah memberikan sesuatu berupa uang sebesar Rp 100 juta kepada Irman.

Karena itu, petugas membawa Memi dan Sutanto kembali masuk ke rumah Irman untuk diinterogasi soal pemberian uang.

“Kami bawa ke kediaman. Seluruh tim tanya ke Pak Irman mana barang yang dikasih Memi Sutanto, Irman menyanngkal enggak terima apa-apa,” ujar dia.

Dalam perkara ini, Irman Gusman didakwa menerima suap sebesar Rp 100 juta dari Memi dan suaminya Xaveriandy Sutanto. Suap diberikan lantaran Irman selaku ketua DPD RI memberikan rekomendasi kepada Dirut Bulog Djarot Kusumayakti agar CV Semesta Berjaya mendapatkan kuota gula impor di wilayah Padang, Sumbar. (Fajar/jpg)

loading...
Click to comment
To Top