Asli! Hantu Kuyang Masih Gentayangan, Warga Makin Ketakutan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Asli! Hantu Kuyang Masih Gentayangan, Warga Makin Ketakutan

FAJAr.CO.ID, PARINGIN – Satu bulan terakhir warga Kecamatan Awayan digegerkan dengan kabar gentayangannya makhluk jadi-jadian legendaris banua, Kuyang. Beberapa warga dikabarkan telah menjadi korban makhluk pesugihan ini. Kondisi ini sontak menambah keresahan warga setempat.

Salah seorang warga Nisa mengungkapkan, sejak kabar ada keberadaan Kuyang di lingkungannya, keluarganya setiap malam berjaga bergiliran di depan rumah.

“Pernah warga menyusun rencana mau menangkap kuyang ini, tapi tidak pernah berhasil karena licin seperti belut. Sebenarnya sudah ada yang melihat siapa orang yang menjadi Kuyang itu, tapi belum cukup bukti,” ujarnya.

Kuyang kata Nisa sebut saja Galuh, pernah memasuki kelambu temannya yang sedang hamil, tetapi Galuh tidak bisa teriak dan bergerak seperti sudah dibungkam, sehingga hanya bisa pasrah tubuhnya digerayangi dan dijilati oleh Kuyang.

Ditanya apa motif orang mau menjadi Kuyang, berdasar cerita dari turun-temurun di desanya kata Nisa, Kuyang kebiasaan adalah perempuan namun tidak menutup kemungkinan ada juga laki-laki.

Setidaknya kata dia ada dua alasan orang mau jadi Kuyang, yaitu syarat untuk pesugihan dan memata-matai suami agar tidak kawin lagi, dengan cara melepas kepalanya dan membuntuti kemana pun suaminya pergi.

“Tapi ada juga yang buat awet muda. Kalau yang syarat untuk pesugihan itu biasanya incarannya darah, namun kalau agar suaminya tidak selingkuh ia cuma memainkan pucirin (limbah rumah tangga) di kolong rumah,” paparnya.

“Ya intinya tergantung niatnya masing-masing apa tujuannya jadi Kuyang, segala sesuatunya tergantung niat,” selorohnya.

Tidak hanya di Awayan, serangan Kuyang ini juga santer terdengar di Kecamatan Tebing Tinggi. Ati, salah seorang warga sekitar menuturkan, berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, di daerah tempat tinggalnya sudah ada yang menjadi korban Kuyang.

Ceritanya, si Kuyang mengelus perut seorang ibu hamil yang tengah tidur. Korban beserta suaminya yang tidur di samping sebenarnya menyadari hal itu, namun lagi-lagi tidak bisa berbuat apa-apa karena seakan diikat dan tidak bisa bergerak.

“Ini menurut kabar yang beredar, tidak tahu pasti benar atau tidaknya. Tapi sudah banyak yang bilang pernah melihat Kuyang ini gentayangan di langit berembus ke sana kemari saat malam,” tukasnya. (why/by/ran)

loading...
Click to comment
To Top