Tarif Baru Kendaraan Bermotor Berlaku Besok, Segini Kenaikannya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tarif Baru Kendaraan Bermotor Berlaku Besok, Segini Kenaikannya…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan diberlakukan mulai besok (6/1). Otomotis, PP Nomor 50 Tahun 2010 yang memuat besaran tarif pelayanan sebelumnya, tidak akan berlaku.

Jika sebelumnya pengurusan surat tanda kendaraan bermotor (STNK) untuk roda dua baru senilai Rp 50.000, kini naik menjadi Rp 100.000. Sedangkan untuk perpanjangan, tarifnya sama. Untuk kendaraan roda empat, dari Rp 75.000, menjadi Rp 200.000.

Kasat Lantas Polres Paser AKP Hendro Wibowo mengatakan, perubahan berlaku setelah 30 hari setelah diterbitkan atau terhitung mulai 6 Januari secara serentak di Indonesia. Dia mengatakan, pengurusan seperti STNK, nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB), dan lainnya, naik dua hingga tiga kali lipat.

“Misalnya dalam NRKB, tarif ditentukan berdasarkan ada tidaknya huruf di belakang nomor polisi, serta banyaknya jumlah angka nomor polisi. Semakin sedikit nomornya, maka semakin besar angkanya. Untuk lebih detail, bisa melihat daftar tarif di Kantor Samsat,” kata Hendro, kemarin (4/1).

Sementara Kanit Regident Polres Paser Ipda Andi Bagus menambahkan, selaku pihak yang mengurus fungsi registrasi dan identifikasi pengemudi, serta kendaraan bermotor, hal itu wajib disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga tidak ada celah sedikitpun bagi oknum yang ingin melakukan praktik pungutan liar (pungli). (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top