Tarif PNBP Surat Kendaraan Naik, Katanya Bisa Redam Praktik Pungli, Hadehh.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Tarif PNBP Surat Kendaraan Naik, Katanya Bisa Redam Praktik Pungli, Hadehh..

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Penyesuaian tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di sektor pengurusan surat kendaraan menarik perhatian publik. Di tengah kenaikan tarif, ada harapan peningkatan pelayanan. Untuk diketahui, penyesuaian tarif imbas penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 itu berlaku mulai 6 Januari.

Dalam pantauan Kaltim Post, Selasa (3/1), antrean mengular masih terlihat di kantor pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Bahkan, tidak sedikit pula ditemukan oknum yang bersedia menjadi joki administrasi dengan iming-iming pengurusan lebih cepat. “Dengan biaya lebih, bisa lebih cepat,” ucap seorang oknum penawar jasa tersebut. Sayang, sejumlah anggota kepolisian di kantor itu enggan memberikan keterangan.

Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Boney Wahyu Wicaksono mengatakan, adanya regulasi terbaru itu, diyakini bisa berimbas pada hal yang lebih positif. “Kemungkinan penjualan kendaraan bermotor bisa berkurang, karena selama ini berimbas ke kemacetan,” jelas Boney.

Perwira berpangkat melati satu itu menyampaikan, kenaikan tarif PNBP itu bertujuan meningkatkan pendapatan negara. Dia menambahkan, penerapan aturan baru tersebut bakal berimbas kepada peningkatan pelayanan publik di sektor itu.

Dia menjelaskan, selama ini pelayanan pengurusan berkas kendaraan tersebut sudah berjalan optimal. Pun ada kendala, itu tidak lain karena teknis seperti keterbatasan bahan, semisal kertas khusus, atau material pelat kendaraan. “Hampir semua masalah di daerah lain serupa,” jelas Boney.

Bagi dia, peningkatan tarif juga membuat masyarakat lebih peka untuk tetap berkendara sesuai prosedur. Mulai harus ada STNK, SIM, hingga TNKB. Boney berjanji, selepas sosialisasi, khususnya di pelayanan SIM, polisi bakal lebih memperketat proses pengurusan berkas kendaraan. “SIM dan STNK harus sesuai dengan kendaraan yang berlaku,” tegas Boney. (*/dra/ndy/k8)

Click to comment
To Top