WAKTU HABIS! PSK yang Kepala Batu, Silahkan Pulang Pakai Duit Sendiri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

WAKTU HABIS! PSK yang Kepala Batu, Silahkan Pulang Pakai Duit Sendiri

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, BANJARBARU – Toleransi Pemerintah Kota Banjarbaru agar eks Lokalisasi Pembatuan bersih dari Pekerja Seks Komersial (PSK) sudah berakhir per 31 Desember tahun 2016 lalu. Artinya, pembatuan harus bersih dari kegiatan prostitusi.

Sebenarnya, lokalisasi pembatuan sudah ditutup per 15 Desember 2016 lalu. Namun, karena alasan, memberikan toleransi dan memberikan kesempatan kepada PSK untuk berbenah pulang kampung.

Kepala Dinas Sosial Kota Banjarbaru, Masjudin Noor mengungkapkan, PSK di eks Lokalisasi Pembatuan sudah harus pulang pada akhir tahun lalu.

“Waktunya sudah habis. Mereka harus pulang dengan ongkos sendiri,” katanya.

Padahal, Pemerintah Kota Banjarbaru memberikan jaminan pulang gratis dan diantar ke daerah tujuan menggunakan pesawat. Sedangkan PSK yang berasal dari Kalimantan dengan bus. Namun, PSK yang memanfaatkan fasilitas dan bersedia pulang hanya ada 40 orang. Angka itu jauh dari total PSK yang berjumlah 110 PSK yang berasal dari pulau Jawa.

“Yang bersedia pulang baru segitu. Sisanya ya pulang dengan biaya sendiri,” ujarnya.

Dari data Dinas Sosial yang sudah divalidasi ada 346 PSK yang seharusnya dipulangkan. Rinciannya, sebanyak 225 PSK asal Kalimantan Selatan, 110 PSK yang berasal dari Pulau Jawa, dan sisanya berasal dari luar Kalimantan Selatan, seperti Kaltim, Kalteng atau Kalbar.

Ia menuturkan, PSK yang dipulangkan akan mendapatkan bantuan dari Kemensos sebesar Rp5.050.000/per orang. Uang itu diberikan sebagai modal untuk mencari pekerjaan yang lebih layak. Rinciannya, Rp20 ribu perhari untuk biaya hidup selama tiga bulan, Rp250 ribu untuk ongkos transportasi, Rp3 juta untuk modal awal usaha. (eka)

loading...
Click to comment
To Top