Ada 11 Pemda Berpotensi Lakukan Jual Beli Jabatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ada 11 Pemda Berpotensi Lakukan Jual Beli Jabatan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setidaknya ada 11 pemerintah daerah tingkat kabupaten dan kota diduga berpotensi melakukan jual beli jabatan. Dari praktik terlarang itu ditangarai jumlah uang suap yang diterima dari calon pejabatnya mencapai Rp 35 miliar.

Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Ida Nuraida, mengatakan, potensi adanya jual beli jabatan itu karena akan ada 29.113 aparatur sipil negara (ASN) yang akan diganti di sebelas kabupaten/kota.

“Yang jelas sebelas kabupaten kota itu terbanyak di luar pulau Jawa, bukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar Ida di Kantor KASN, Pancoran, Jakarta, Jumat (6/1).

Atas data tersebut, sambung Ida, KASN sudah melaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang adanya dugaan 11 kabupaten/kota atau Pemda yang berpotensi melakukan praktik jual beli jabatan ini.  “Kalau sudah ada dugaan pelanggaran pidana maka akan diproses hukum,” katanya.

Lebih lanjut Ida mengaku, praktik jual beli jabatan ini biasanya dilakukan setelah Pilkada. Di mana kepala daerah berpotensi melakukan pemberhentian posisi jabatan orang dengan tidak memakai alasan kuat, dan tidak sesuai prosedur.

Kemudian mengangkat pekerja baru tidak melalui mekanisme proses seleksi. “Biasanya orang ditempatkan orang yang banyak duitnya,” tandasnya.(Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top