Kapolri Sebut Kenaikan Biaya SIM, STNK dan BPKB Sudah Dibahas 2 Tahun Lalu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kapolri Sebut Kenaikan Biaya SIM, STNK dan BPKB Sudah Dibahas 2 Tahun Lalu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Awal tahun 2017, masyarakat dikejutkan dengan segala kenaikan kebutuhan, seperti kenaikan harga BBM, listrik sampai biaya administrasi pengurusan SIM, STNK dan BPKB. Biaya administrasi kendaraan naik mencapai 300 persen.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kenaikan administrasi kendaraan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016.

Regulasi baru Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia pembahasannya dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Polri dan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

“Meskipun ada beberapa pertanyaan kenaikan PNPB karena sudah cukup lama, kenaikan harga jadi perlu dilakukan evaluasi. Ini ada temuan dari BPK tahun 2014 adanya pelayanan publik baru,” jelas Tito di RS Polri Kramatjati, Jumat (6/1/2017).

Tito mengatakan PP Nomor 50 tahun 2010, harganya sudah tidak sesuai dengan kenaikan material seperti penerbitan STNK baru. Menurutnya, harga Rp75 ribu tidak sesuai dengan harga material yang sudah meningkat. (Fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top