Makanan Ini Bisa Tingkatkan Daya Ingat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Makanan Ini Bisa Tingkatkan Daya Ingat

FAJAR.CO.ID – Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas serta daya ingat yang tinggi? Hampir setiap orang menginginkan hal tersebut. Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia.

Itu karena otak bisa mengatur seluruh kegiatan dan aktivitas dalam diri manusia. Tak hanya itu saja, dengan memiliki daya ingat yang tinggi tentunya akan membantu kita dalam menyelesaikan segala masalah.

Secara umum daya ingat dan konsentrasi otak bisa ditingkatkan dengan aktivitas dan sosialisasi yang sehat dan pastinya mengonsumsi makanan yang sehat.

Seperti yang Anda ketahui, makanan merupakan komponen utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu otak.

Nah, berikut ini adalah makanan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (5/1).

  1. Alpukat

Tidak hanya alpukat bisa dipasangkan dengan makanan apa saja, tapi mereka adalah salah satu buah tersehat di dunia dengan kandungan lemak sehat yang membuat kadar gula darah Anda tetap stabil dan kulit Anda bersinar.

Alpukat membantu meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan, khususnya memori dan konsentrasi. Mereka juga mengandung vitamin K dan folat yang melindungi Anda dari stroke dan mencegah gumpalan darah dari pembentukan di otak.

  1. Teh hijau

Kafein dalam teh hijau seimbang dengan kehadiran theanine, asam amino yang ditemukan dalam minuman ini. Studi menunjukkan bahwa theanine juga meningkatkan fokus mental dan kewaspadaan.

  1. Ikan berminyak

Asam lemak penting untuk fungsi tubuh, tetapi mereka harus diperoleh melalui makanan. Asam lemak omega-3 yang paling efektif berasal dari ikan berminyak seperti salmon, trout, mackerel, herring dan sarden.

Selain memberikan tubuh dengan omega-3, ikan ini secara alami penuh asam docosahexaenoic (DHA) yang bisa mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan penyakit Alzheimer dan kehilangan memori.

  1. Blueberry

Tidak hanya buah kecil ini kaya dengan jumlah mengesankan dari antioksidan yang melindungi terhadap kanker, penyakit jantung dan dimensia, tapi blueberry juga bisa meningkatkan konsentrasi dan memori hingga lima jam.

Antioksidan alami dalam blueberry meningkatkan fungsi otak dengan merangsang aliran darah dan oksigen ke otak Anda untuk menjaga pikiran tetap segar dan waspada.

  1. Sayuran gelap dan berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kale, collard hijau, bayam dan brokoli merupakan sumber yang baik dari vitamin E dan serta mereka juga mengandung folat yang melindungi dan memperkuat otak Anda.

Folat terbukti menurunkan kadar homosistein, asam amino dalam darah yang memicu kematian sel-sel saraf di otak dan telah dikaitkan dengan penyakit jantung.

  1. Kacang-kacangan dan cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E, antioksidan yang oleh beberapa studi telah dikaitkan dengan kemampuannya mencegah terhadap penurunan kognitif. Dark chocolate juga kaya antioksidan dan mengandung tingkat alami kafein yang meningkatkan fokus dan konsentrasi.

To Top