Begini Ceritanya Awal Mula Bonek dan Bobotoh Jalin Persahabatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Begini Ceritanya Awal Mula Bonek dan Bobotoh Jalin Persahabatan

FAJAR.CO.ID, BANDUNG–Ribuan suporter Persebaya Surabaya atau yang dikenal dengan sebutan Bonek saat ini tengah berada di Bandung untuk memperjuangkan nasib klub kesayangan mereka di Kongres PSSI yang akan dihelat di Hotel Aryaduta, Minggu (8/1) besok.

Ribuan Bonek itu disambut dengan suka cita oleh Bobotoh, fans fanatik Persib Bandung. Bagi Bonek, Kota Kembang bak rumah kedua. Hal itu tak lepas dari hubungan hangat antara Bobotoh dengan Bonek.

Cerita indah ini memang sudah terjalin sangat lama. Persaudaraan mereka dilandasi perasaan senasib ingin mendukung kesebelasan kesayangannya terbang tinggi di Indonesia.

Puncaknya terjadi pada 2003 lalu. Kala itu ada ikrar suporter bersatu saat gelaran play-off Liga Indonesia di Solo. Klub peserta diperbolehkan bermain, tetapi dengan syarat harus ada ikrar suporter untuk bersatu, yang diikuti oleh Viking, Bonek, Pasoepati, La Mania dan Brajamusti.
Bonek bela Persebaya

Bahkan ketika itu, Bobotoh yang ingin datang ditemani oleh Bonek jalan ke Kota Solo. Kejadian di pertandingan Persib melawan Perseden Denpasar era Liga Indonesia membuat hubungan Viking dan Bonek semakin erat.

Rasa senasib sepenanggungan adalah hal yang mungkin menjadi dasar dari kebersamaan Viking Bonek sekarang ini. “Sebenarnya kalau dilihat sejarah klub, Persib dan Persebaya musuh bebuyutan. Tapi kami suporter malah membuktikan kalau bisa mendukung dengan cara sportif,” kata pentolan Viking, Yana Umar kepada JawaPos.com (Induk Pojoksatu).

Indahnya hubungan keduanya sangat ketal tatkala saling jamu ketika Persib atau Persebaya bertandang ke kota berlawanan. Viking menonton pertandingan Persebaya di Bandung, begitupun sebaliknya Bonek menonton pertandingan Persib di Surabaya.

Bahkan pada satu pertandingan, Persib yang bermain laga tandang melawan Deltras Sidoardjo mendapat dukungan penuh tak hanya dari Viking, tetapi juga Bonek. Alhasil, karenadukungan ganda itu, Persib bisa menang 2-0 di Sidoarjo.

Hubungan mereka juga digambarkan pada sebuah jargon, yakni Viking Bonek Satu Hati. Bahkan beberapa kalangan suka membelokkan arti Bonek dari Bondo Nekat menjadi Bobotoh Nekat.

Kini, keduanya kembali memperlihatkan kemesraan di depan publik suporter Indonesia. Saat saudaranya, Bonek tengah berjuang membela nasib Persebaya, Bobotoh menyambutnya dengan hangat.

Bahkan, sekelas Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menyambut hangat kedatangan Bonek di Kota Kembang.  “Yth Bonek Persebaya dari Surabaya dan Jatim, selamat datang di Bandung. Mohon jaga ketertiban dan kebersihan selama kongres PSSI di sini. Untuk tempat berteduh, kami siapkan di GOR Pajajaran dan GOR Takraw Lodaya,” tulis Ridwan Kamil dalam Instagram-nya.

Ridwan menyambut baik kehadiran Bonek. Dia bahkan turut mendoakan agar perjuangan mereka terbayar lunas di Bandung.

“Selamat memperjuangkan Persebaya-nya. Syaratnya satu dari saya: Jangan lupa salat biar alright. *juga hati-hati jangan kaget, nanti jika ada 5 mojang Bandung lewat, biasanya yang cantiknya ada 10,” tandas dia. (Fajar/jpg/pojoksatu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top