Dapat Lagi Satu, TKA Tiongkok yang Bermasalah Ini akan Dideportasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Dapat Lagi Satu, TKA Tiongkok yang Bermasalah Ini akan Dideportasi

Empat WNA asal Tiongkok yang diamankan aparat gabungan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, baru-baru tadi.

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN – Satu diantara empat Warga Negara Asing (WNA) yang sebelumnya diamankan oleh pihak kepolisian dipastikan dideportasi. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Banjarmasin Kelas 1 Mulyadi, kemarin (6/1).

Menurutnya, setelah melalui serangkaian pemeriksaan keempat WNA, satu orang akan dideportasi. “Dari tiga orang satu yang akan dideportasi ke negara asalnya. Dia Shi Shoujing, pelanggarannya karena dia hanya mengantongi Visa kunjungan saja,” jelas Mulyadi.

Berbeda dengan tiga orang rekannya. Mereka juga telah melakukan pelanggaran, yakni tak melaporkan menaiki kapal atau izin tinggal di perairan. Akan tetapi ketiganya akan dikembalikan kepada agennya. “Liv Fee, Shi Yihu dan Lie Fei setelah diperiksa kami serahkan ke agennya,” ucapnya.

Mulyadi menambahkan, untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing pihaknya telah bersinergi bersama pihak instansi dan penegak hukum. “Kami selalu berkoodinasi apabila menerima laporan tentang WNA dan menindaklanjutinya,” tambahnya.

Sementara Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol Untung Widodo menyatakan akan lebih ekstra melakukan pemeriksaan terhadap pekerja yang berada diatas kapal, khususnya pekerja asing. “Kasus ini kami ambil pelajaran, pemeriksaan akan ditingkatkan,” tegas Untung.

Sebelumnya diberitakan, empat WNA asal Tiongkok diamankan oleh anggota gabungan, Jatanras, Polsek KPL serta KSOP dan Satuan Intel Polresta Banjarmasin yang dipimpin Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol Untung Widodo, pada Kamis (5/1) sekitar pukul 16.00 Wita, di Pelabuhan Trisakti di atas kapal Sugara Anak II. (lan)

loading...
Click to comment
To Top