Pemerintah Panik Hadapi Berita Hoax – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Pemerintah Panik Hadapi Berita Hoax

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Maraknya berita hoax di media sosial (medsos) membuat opini yang berkembang di masyarakat jadi salah. Sehingga pemerintah akan membentuk Badan Cyber Nasional, untuk menangkalnya.

Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon mengatakan, pemerintah seakan tidak siap dengan adanya fenomena berita hoax. Pemerintah terlihat panik dalam menghadapinya, seperti mengatur-atur masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

“Orang diatur di dunia maya, kalau di dunia nyata saja susah diatur, manusia kalau searang itu diatur sulit,” ujar Effendi dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/1).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mencontohkan, di Singapura tidak ada polisi yang mengatur lalu lintas di jalanan. Kerena warganya sudah taat aturan. Namun di Indonesia banyak sekali polisi lalu lintas malah menyebabkan masyarakat tidak patuh.

Artinya, sebut Effendi, masyarakat tidak ingin diatur. “Karena kalau semakin diatur orang Indonesia semakin sulit diatur,” katanya.

Sekadar informasi, untuk menanggkal keberadaan berita-berita hoax di media sosial, pemerintah berencana membentuk Badan Cyber Nasional. Saat ini sudah ada perekrutan 50 tenaga ahli yang telah disiapkan mengisi di badan tersebut. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top