Polri Berharap Saber Pungli Tetap Eksis di 2017 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Polri Berharap Saber Pungli Tetap Eksis di 2017

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto telah menyuarakan agar tim Saber P‎ungli terus diaktifkan untuk melakukan pembersihan Pungli. Utamanya adalah di pelayanan publik.

Bahkan, untuk kinerja 2017, Satgasus Pungli Pusat sudah mengajukan anggaran ke pemerintah yakni sebesar Rp 50 miliar. Uang itu untuk melakukan serangkaian penyelidikan, penyidikan hingga Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Martinus Sitompul mengatakan ‎jangan sampai tim tersebut berhenti di tengah jalan hanya lantaran terkendala anggaran. “Satgas harus terus didorong untuk tetap ada dan eksis melakukan upaya penindakkan disamping upaya pencegahan,” ucap Martinus, Sabtu (7/1).

Martinus juga berkata‎ untuk anggaran Unit Pemberantasan Pungli (UPP) tingkat provinsi, kota dan kabupaten nantinya akan diambil dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Soal anggaran itu, Kementerian Dalam Negeri sudah ‎memerintahkan ke daerah untuk menganggarkan, dimana besar anggaran‎ tiap daerah berbeda.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat ini juga meminta masyarakat aktif melaporkan adanya praktek Pungli, pasalnya 50 pesen keberhasilan OTT berasal dari informasi masyarakat. “‎Masyarakat silahkan melaporkan Pungli, ada banyak cara melalui SMS di 1193, Call Center, melalui Website Satgas Saber Pungli sampai datang langsung ke Satgas di pusat atau UPP di daerah,” tambahnya. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top