Sebanyak 800 Ribu Situs Internet Diblokir Kemenkominfo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Sebanyak 800 Ribu Situs Internet Diblokir Kemenkominfo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Akhir tahun 2016, pemerintah telah memblokir sebanyak 8oo ribu situs internet. Hal itu dilakukan berdasarkan banyaknya informasi dan aduan masyarakat terhadap situs yang dianggap berbahaya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informati Samuel A. Pangerapan mengatakan, Kebanyakan situs yang diblokir  bermuatan pornografi dan perjudian.

“Sudah ada 800 ribu situs yang diblokir,” kata Samuel saat diskusi bertajuk Media Sosial, Hoax dan Kita di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1).

Samuel menegaskan berdasarkan aduan masyarakat, ternyata benar, situs-situs yang dilaporkan itu langsung diblokir tanpa diberikan peringatan terlebih dahulu.

“Kalau tergolong berbahaya, peringatannya ya diblokir,” tegasnya.

Pemblokiran ini juga menjadi pembelajaran. Pemerintah kemudian memberikan syarat-syarat untuk melakukan normalisasi. Ketika sudah dinormalisasi, maka bisa dibuka kembali. “Kalau kesalahan sudah diperbaiki, boleh dibuka lagi,” ujar Samuel.

Dia menegaskan, pemerintah punya kewenangan sesuai Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dalam UU ITE pemerintah wajib melakukan pencegahan penyebarluasan informasi yang tidak benar dan merugikan masyarakat.

Bahkan, kata Samuel, UU ITE juga sudah punya aturan turunan hingga di tingkat peraturan menteri yang ditandatangani Tifatul Sembiring saat masih menjabat menteri komunikasi dan informatika. (jpnn/fajar)

Click to comment
To Top