5 Perubahan pada Tubuh yang Disebabkan Asam Lambung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

5 Perubahan pada Tubuh yang Disebabkan Asam Lambung

Photo source: patrika.com

FAJAR HEALTH – Asam lambung adalah sebuah kondisi di mana cairan asam pada perut menggelembung naik menuju esphagus hingga tenggorokan, sebuahH kondisi yang hampir dialami orang setiap orang.

Jika pada umumnya asam lambung menyebabkan sensasi seperti terbakar pada dada atau tenggorokan, penyakit yang satu ini sebenarnya juga bertanggungjawab atas beberapa perubahan pada tubuh.

Berikut beberapa tanda-tanda penyakit asam lambung yang tidak pernah anda duga seperti diambil dari laman Prevention:

1. Produksi air liur meningkat
Jika mulut anda berliur usai makan atau ngemil, ini adalah hal yang normal. Namun bagi yang memiliki masalah dengan asam lambung, kelenjar ludah akan memproduksi air liur dalam jumlah besar jika terjadi iritasi pada esphagus. Ini adalah langkah yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan apapun yang ada di dalam isi perut anda.

2. Pneumonia
Ketika asam keluar dari perut, maka dampaknya akan luas. Salah satu yang terdampak adalah paru-paru. Ketika ini terjadi, anda bisa saja berakhir dengan pneumonia atau radang paru-paru.

3. Lidah pahit
Cairan yang lari menuru esophagus dapat meninggalkan rasa masam atau pahit pada bagian belakang tenggorokan.

4. Asma
Jika anda kesulitan bernapas terlebih cenderung memburuk ketika di malam hari ketika anda di atas tempat tidur, asam lambung anda adalah penjahatnya. Asam lambung yang juga menggelembung menuju saluran pernapasan dapat menyebabkan iritasi langsung, menyebkan tersedak dan batuk-batuk.

5. Kesulitan menelan
Asam lambung juga menyebabkan penyempitan pada tenggorokan, oleh sebab itu, ada akan mengalami kesulitan menelan makanan dan diikuti dengan rasa sakit.

(Fajar)

Click to comment
To Top