Sudalah.. Nggak Ada Untungnya Ngebut di Jalanan Selain Mati dan Rugi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Sudalah.. Nggak Ada Untungnya Ngebut di Jalanan Selain Mati dan Rugi

Polisi memperlihatkan kendaraan yang rusak usai mengalami kecelakaan, beberapa waktu lalu.

KEJADIAN kecelakaan lalu lintas cukup tinggi terjadi di Kabupaten Berau pada 2016 lalu. Penyebab kecelakaan bermacam-macam, terutama akibat tak taat dalam berlalu lintas.

Kapolres Berau AKBP Handoko melalui Wakapolres Kompol Indra Kurniawan mengatakan, banyak kerugian ditimbulkan dari kecelakaan itu. “Yang jelas kalau sudah terjadi kecelakaan, bukan fisik tubuh saja yang rusak, tapi jelas kendaraan yang ditumpangi, entah itu roda dua atau roda empat pasti akan mengalami cacat fisik dan biaya perbaikannya tak sedikit,” kata Indra, kemarin (6/1).

Untuk menghindari kecelakaan, ada batas kecepatan yang diatur dalam setiap jalur-jalur jalan raya, seperti kecepatan maksimum 40 kilometer per jam atau 60 kilometer. Jika pengguna jalan menggunakan kecepatan lebih dari ketentuan, jelas kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat tinggi.

“Konsentrasi juga perlu, jangan sampai pengendara mengendarai kendaraannya dalam kondisi ngantuk atau di bawah pengaruh minuman keras juga obat-obatan. Juga pemecahan konsentrasi dengan penggunaan ponsel saat berkendara, jelas melanggar aturan lalu lintas,” jelasnya.

Untuk itu, Indra mengimbau masyarakat agar benar-benar menaati aturan berlalu lintas, serta mengutamakan safety riding saat berkendara. “Itu akan meminimalisasi kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan raya,” pungkasnya. (*/udi2)

loading...
Click to comment
To Top