17 Kali Lakukan OTT di 2016, KPK Pecahkan Rekor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

17 Kali Lakukan OTT di 2016, KPK Pecahkan Rekor

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tahun 2016 dapat dikatakan sebagai tahun panen dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pasalnya selama tahun itu, lembaga antirasywah tersebut berhasil melakuakn operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak 17 kali. Jumlah ini dianggap sebagai terbanyak sepanjang sejarah KPK berdiri.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan mengklaim 17 OTT yang dilakukan pada 2016 merupakan OTT terbanyak sepanjang sejarah. Dari OTT itu, KPK berhasil menjerat 56 tersangka dari berbagai unsur.

“Kegiatan OTT yang dilakukan pada tahun 2016 merupakan jumlah OTT terbanyak sepanjang sejarah KPK berdiri,” kata Basaria dalam konferensi pers kinerja tahunan di auditorium KPK, Jakarta, Senin (9/1).

Basaria mengatakan, 56 tersangka dengan beragam profil mulai dari aparat penegak hukum, anggota legislatif, hingga kepala daerah. Jumlah tersebut belum termasuk tersangka yang ditetapkan dari hasil pengembangan perkara.

Menurut Basaria, dengan adanya 17 OTT itu, menunjukkan bahwa partisipasi dan keberanian masyarakat telah meningkat dalam melaporkan tindak pidana korupsi yang akan terjadi. “Serta respons cepat KPK dalam menindaklanjuti setiap laporan,” pungkasnya.

Berdasar data yang dihimpun, pada 2015 KPK melakukan lima OTT, sementara pada 2013 KPK melakukan 10 OTT. Sementara itu, KPK membuka awal 2016 dengan OTT Anggota Komisi V DPR Fraksi PDI-P Damayanti Wisnu Putranti dan menutup tahun dengan menangkap Bupati Klaten Sri Hartini. (Fajar/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top