4 Manfaat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

4 Manfaat Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Hijaunya rumput, hangatnya sinar mentari dan indahnya alam sekitar dapat menarik anda untuk berjalan menyusurinya tanpa alas kaki, seperti yang dilakukan kebanyakan orang di masa lalu.

Berjalan kaki di atas rerumputan atau tanah tanpa alas kaki atau juga dikenal dengan istilah “earthing” juga dilakukan oleh orang-orang di belahan dunia lain.

Perlu disadari bahwa alam ini menyediakan begitu banyak energi. Ketika kita menyentuhnya, energi ini akan memberikan efek positif baik terhadap tubuh, pikiran dan jiwa.

Adapun manfaat berjalan tanpa alas kaki seperti disebut laman Top 10 Home Remedies adalah seperti:

1. Meningkatkan fungsi pengelihatan
Kaki manusia memiliki banyak zona refleksologi yang berhubungan dengan berbagai organ tubuh, salah satunya mata. Berjalan tanpa alas kaki memberikan tekanan penuh pada beberapa titik yang baik untuk menstimulasi penghelihatan anda.

2. Menyehatkan kaki dan punggung
Berjalan tanpa alas kaki sangat baik untuk kaki anda. Aktifitas ini dapat membantu menguatkan dan merenggangkan otot, tendon dan ligamen kaki, sendi dan betis. Dengan begitu, anda tidak akan mudah terkena cedera kaki, sakit lutut dan masalah punggung.

3. Meredakan stress
Berjalan di atas rumput tanpa mengenakan alas kaki, khususnya di pagi hari dapat membantu anda memulihahkan kelima indera anda dan memberikan ketenangan.

4. Mengatasi beragam masalah kesehatan
Menurut penelitian yang dirilis pada Journal of Environmental and Public Health, ketika anda berjalan tanpa alas kaki di atas permukaan tanah, elektron yang tersimpan pada permukaan bumi dapat diserap oleh tubuh. Selain memerangi stress oksidatif, elektron bumi ini dapat membantu anda mengingkatkan kualitas tidur, kesehatan kardiovaskuler, mendorong kinerja otak dan mengatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf.

Click to comment
To Top