Yaela Pak, Gaji PNS kok Pakai Nunggak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Yaela Pak, Gaji PNS kok Pakai Nunggak

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Di awal 2017, Pemerintah Kota Tarakan sudah diributkan dengan keluhan pegawai negeri sipil (PNS) yang mengaku belum mendapatkan pembayaran gaji dan tunjangan penghasilan pegawai (TPP).

Salah satu pegawai berinisal Fd yang berdinas di Sekretariat Kota Tarakan, mengaku biasanya di awal bulan sudah menerima gaji. Namun, untuk Januari 2017 ini dirinya belum menerima gaji.

“Bulan (Januari) ini belum. Biasanya tanggal 1 sudah masuk, kan PNS digaji dulu baru kerja,” ujarnya, Jumat (6/1).

Tidak hanya gaji, Fd juga mengaku belum menerima TPP untuk bulan Desember. Padahal, kata dia, mestinya di akhir 2016 lalu ia sudah mendapatkan tunjangan dari kinerjanya selama Desember.

“Paling tidak ada informasi, sekarang tidak ada informasi, gantung semua, terlambatnya karena apa, namanya pegawai siap saja yang penting ada informasinya,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga dilontarkan salah satu PNS di Sekretariat Pemkot Tarakan lain, Hr. Ia mengaku pusing karena belum gajian, padahal ia didesak harus membayar biaya kuliah anaknya di Pulau Jawa.

“Tadi saya coba-coba saja cek di ATM siapa tahu saja gajian, eh ternyata tidak ada,” katanya.

Hr pun berharap agar gaji dan TPP segera dicairkan karena menyangkut kepentingan ribuan pegawai Pemkot Tarakan. “Terus terang saja, banyak yang mengeluhkan belum gajian ini, bukan saya saja. Sebab, kami ini mau kirimin anak uang yang kuliah termasuk membayar utang,” ujarnya.

Terkait hal ini, Wali Kota Tarakan Sofian Raga meminta kepada pegawai untuk bersabar. Ia menjamin uang ada, hanya masih dalam proses pencairan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA).

”Tunggu saja masih diproses. Silakan tanya dengan DP2KA apa kendalanya,” ujar Sofian.

Sofian menegaskan, tidak pernah berniat menahan gaji pegawai. Yang terjadi memang sedang dalam proses pencairan di SKPD terkait. Jika sudah selesai, ia menjamin pasti dicairkan ke rekening pegawai.

Sementara itu, Kepala DP2KA Kota Tarakan Arbain yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya, beberapa kali tidak diangkat dan pesan singkat yang dikirim pun belum dibalas. (*/mrs/fen)

To Top