Bupati Selingkuh dengan Istri Orang Tantang DPRD Berikan Alasan soal Pemakzulan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Bupati Selingkuh dengan Istri Orang Tantang DPRD Berikan Alasan soal Pemakzulan

FAJAR.CO.ID, KATINGAN – Kasus perselingkuhan Bupati Latingan Ahmad Yantenglie, mengejutkan semua pihak. Apalagi saat itu dirinya digerebek tanpa busana dengan Farida Yeni yang merupakan Istri sah Anggota Polisi, SH.

Namun desakan dari semua elemen masyarakat untuk dirinya mundur dari jabatannya sebagai Bupati, tidak membuatnya goyah. Bahkan ia terkesan menantang DPRD hingga Mendagri jika mempunyai alasan yang kuat untuk melengsernya dari tampuk kepimpinan di Katingan.

“Dasar meminta (Mundur) itu apa? Kan harus jelas dulu. Kita hargai masing-masing lembaga punya kewenangan dan fungsi. Harus ada kejelasan faktualnya seperti apa? Apakah bisa melakukan pemutusan tanpa ada kejelasannya seperti apa? Sebab setiap keputusan harus berdasarkan fakta, kan begitu,” ujarnya.

Sementara DPRD belum bisa melakukan tindakan apa-apa meski warga sudah mendesak Bupati Katingan mundur.

Saat menerima utusan pengunjukrasa, pimpinan DPRD berdalih Wakil Ketua DPRD Endang Susilawatie yang juga istri Bupati Katingan masih belum berada di tempat.

Selain itu ada banyak alasan yang dikemukakan DPRD soal pemakzulan Bupati Katingan.

“Kami belum mendapat data dari Polda Kalteng. Dia (Yantenglie, Red) ditetapkan menjadi tersangka kami belum dapat suratnya. Dia dikatakan sudah menikah siri, tapi kami belum pegang surat fotokopinya. Kami harus mempunyai surat-surat itu, karena itu merupakan lampiran digunakan menyampaikan ke Mahkamah Agung (MA) nantinya kalau memang sepakat harus dilengserkan,” ucap Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir L Nussa.

Sementara itu Kapolres Katingan AKBP Tato P Suyono mengungkapkan polisi akan tetap mengawal dan mengamankan Bupati Katingan selaku pimpinan daerah.

“Sudah dilakukan pengamanan khusus bagi beliau (Yantenglie, Red), karena beliau merupakan pimpinan daerah,” ujarnya.

loading...
Click to comment
To Top