Dihadapan Fadli Zon, Tangis Rachmawati Soekarnoputri Pecah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Dihadapan Fadli Zon, Tangis Rachmawati Soekarnoputri Pecah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tangis Rachmawati Soekarnoputri pecah saat mengadukan nasibnya yang dituduh melakukan makar kepada pimpinan DPR, hari ini, Selasa (10/1). Dia merasa tidak terima dengan tuduhan itu.

Sebab kata dia, yang dimaksud makar dilakukan oleh pasukan tidak dikenal dan mengepung istana untuk menjatuhkan pemerintahan. “Tapi kami datang ke MPR Pak,” ujarnya sesak dengan tangis yang tak terbendung di depan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Anggota Komisi III DPR, Supratman Andi Atgas serta Wenny Warouw.

Rachmawati katanya tahu persis bagaimana makar dilakukan. Sebab, dia pernah merasakannya ketika upaya penggulingan pemerintahan ayahnya, Soekarno pada 30 September-1 Oktober 1965.

“Tapi kami ingin datang ke MPR menyampaikan petisi. Kalau mau makar kami kepung istana bukan ke MPR yang katanya ini rumah rakyat,” ucap Rachmawati bergetar menyeka air matanya.

Lagipula, lanjut Rachmawati, dirinya bersama teman-teman lain sudah berkomunikasi dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan untuk menemuinya di luar gedung. “Kalau tidak sempat Pak Zulhas akan meminta Pak HNW (Hidayat Nur Wahid) karena beliau akan hadir di Monas,” sebut dia.

Adapun yang ingin disampaikan kala itu agar UUD 1945 kembali ke naskah asli melalui amandemen. Beberapa kali pun pandangan tersebut telah disampaikan ke pimpinan MPR. “Jadi bukan barang baru lah,” sebutnya.

Soal pertemuan yang dilakukan sejumlah aktivis pada 20 November di Universitas Bung Karno pun membicarakan hal tersebut. Namun, ada tema lain tentang solidaritas menyikapi dugaan penistaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Lalu pada 30 November 2016 di Universitas Bung Karno merupakan tahap finalisasi dalam rangka menggelar jumpa pers dan dilakukan terbuka.

“Kami sampaikan akan lakukan aksi damai ke MPR. Jadi tidak ada sama sekali persinggungan yang dituduhkan kepada kami melakukan makar atau permufakatan jahat ini,” pungkas Rachmawati. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top