Menteri Pertahanan Selidiki Latihan Kodim Lebak dan FPI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menteri Pertahanan Selidiki Latihan Kodim Lebak dan FPI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Program latihan Bela Negara yang digelar Komando Distrik Militer (Kodim) 06/03 Lebak, Banten tengah diselidiki pemerintah. Pasalnya, dalam latihan yang diikuti sejumlah anggota Front Pembela Islam (FPI) itu, diduga terjadi sejumlah pelanggaran prosedur.

Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu mengatakan, siapa pun orang yang akan melakukan Bela Negara sudah menjadi keharusan perlu mendapat izin darinya. “Harusnya izin saya dulu. Tapi boleh kalau tidak izin, dengan catatan ada hal-hal yang luar biasa,” ujar Ryamizard di HUT PDIP, JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (10/1).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat tersebut menambahkan, pihaknya akan melakukan penyelidikan. “Saya baru selidiki training-nya, mau verifikasi kenapa bisa terjadi,” katanya.

Sebelumnya, Komandan Distrik (Dandim) 06/03 Lebak, Letkol Czi Ubaidillah, Letkol Czi Ubaidillah dipecat karena adanya kegiatan bela negara yang digelar Kodim Lebak, Banten terhadap para anggota FPI. Kepala Penerangan Komando Daerah Militer III Siliwangi, Kolonel Desi Arianto mengatakan, pelatihan itu telah menyalahi prosedur karena tidak melapor kepada Komandan Korem maupun Panglima Komando Daerah Militer III. Pelatihan bela negara dilakukan di salah satu pesantren di Lebak, Banten pada tanggal 5-6 Januari 2017 lalu. Peserta pelatihan itu mencapai 120 orang. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top