Alhamdullilah, Dua Tahun NS Berjalan, Angka Kesehatan Masyarakat Meningkat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Alhamdullilah, Dua Tahun NS Berjalan, Angka Kesehatan Masyarakat Meningkat

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Program Nusantara Sehat yang diluncurkan pada 2015 lalu, mulai memperlihatkan dampak positif bagi pelayanan kesehatan masyarakat di daerah.

Hingga setahun lalu, program ini telah menempatkan sebanyak 1.421 tenaga kesehatan di 251 puskesmas diseluruh penjuri Indonesia.

Rinciannya, sebanyak 630 tenaga kesehatan ditempatkan 70 puskesmas pada Mei 2016, 540 tenaga kesehatan di 60 puskesmas pada Oktober 2016.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kemenkes, Usman Sumantri dari hasil evaluasi selama 2 tahun terakhir program ini didapatkan hasil yang positif.

“Banyak hal positif yang bisa kita dapat dan banyak juga yang harus terus ditingkatkan,” ujar Usman di Kantor Kemenkes, (11/1).

Usman menuturkan, program Nusantara Sehat fokus pada berbagai permasalahan kesehatan yang terjadi didaerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan.

“Persoalannya seperti kurang gizi, penyakit menular, pola hidup sehat, serta minimnya pelayanan medis,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Balitbang Kemenkes, Siswanto, secara umum hasil capaian tim Nusantara Sehat menunjukkan terjadi peningkatan pada kesehatan masyarakat didaerah tenaga kesehatan ditempatkan.

Misalnya, pada angka kasus diare yang turun hingga 80 persen di Puskesmas Empanang, Kapuas Hulu, Kalbar.

Ada juga jumlah penderita kusta yang patuh meminum obat meningkat mencapai 89,47 persen di Morotai, Maluku Utara.

Tim NS, lanjut Siswanto, selain memperkuat layanan kesehatan primer, juga bertujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakkan pemberdayaan masyarakat, dan memberikan pelayanan terpadu.

“Penguatan layanan primer tetap menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat,” tandas Siswanto.

Click to comment
To Top