Ini Keuntungannya Jika Piala Dunia Diikuti 48 Negara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Ini Keuntungannya Jika Piala Dunia Diikuti 48 Negara

FAJAR.CO.ID, ZURICH – Presiden FIFA, Gianni Infantino sebagai sosok penting di balik penambahan peserta Piala Dunia, mengungkap keuntungannya jika Piala Dunia diikuti 48 negara.

Perubahan peserta Piala Dunia ini dipastikan setelah Dewan FIFA secara aklamasi menyepakati proposal dari Infantino yang berisikan perubahan format Piala Dunia.

Jumlah kontestan ditambah dari 32 menjadi 48. Nantinya, 48 tim dibagi menjadi 16 grup pada babak penyisihan. Sebagai konsekuensi lain, jumlah pertandingan meningkat dari 64 menjadi 80.

“Untuk banyak negara lainnya, ada peluang untuk lolos da berpartisipasi. Saya mengharapkan, mereka bisa melihat keuntungan untuk dunia,” tutur Infantino.

“Kita berada pada abad ke-21 dan harus membentuk Piala Dunia untuk era tersebut. Kita perlu melihat sepak bola lebih dari sekadar Eropa dan Amerika Selatan,” kata dia.

Infantino juga coba merespons kritik yang datang akibat perubahan ini. Salah satunya berasal dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

“Apa pun format Piala Dunia, Jerman akan berada di sana. Sebab, mereka adalah juara dunia,” ucap Infantino.

“Ingat, pemain Bundesliga berasal dari berbagai penjuru dunia. Menyenangkan apabila melihat mereka di Piala Dunia,” katanya.

Sebelumnya wacana penambahan peserta Piala Dunia ini jadi perdebatan publik.

Keputusan penambahan jumlah peserta Piala Dunia ini diambil pada rapat dewan FIFA yang berlangsung pada hari Selasa (10/1) di markas FIFA, Zurich, Swiss.

Namun, penambahan jumlah peserta ini tidak akan langsung diterapkan pada Piala Dunia 2018 yang akan datang. Aturan baru ini baru akan berlaku pada Piala Dunia 2026 kelak. (Fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top