Lazuardi GIS Bangun Akhlak dan Bangkitkan Kreativitas Anak Bangsa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Lazuardi GIS Bangun Akhlak dan Bangkitkan Kreativitas Anak Bangsa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lazuardi GIS merupakan jaringan nasional sekolah Islam yang berwawasan global, berkualitas dan prestasinya sudah diakui baik didalam mapupun luar negeri. Lazuardi GIS kini mulai membangun jaringan didaerah-daerah, salah satunya di Sulawesi Selatan.

Namanya, Lazuardi Athaillah Makasar yang berupakan bagian dari jaringan sekolah Lazuardi GIS, selain terus mengembangkan wawasan global dan pengajaran 21st Century skills juga mengedepankan ajaran Islam sebagai agama yg lapang (al-hanifiyah al-samhah).

Sekolah-sekolah jaringan Lazuardi GIS menekankan penghargaan keragaman dalam berbagai aspek kehidupan sebagai sunnatullah dan pentingnya toleransi dalam menyikapinya. Hal itu diwujudkan dengan berupaya mengembangkan sekolah inklusif yang menerima guru, karyawan maupun siswa dari berbagai latar belakang pemikiran, keagamaan, dan budaya nasional.

Lazuardi Global Islamic School juga menerapkan kurikulum nasional dan diperkaya dengan kurikulum internasional dari University Of Cambridge International Examinations, serta menerapkan sistem inklusi yang memberi kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus (special need students).

Sekolah ini hadir dengan visi jauh ke depan akan suatu masa yang  memiliki berbagai ciri persaingan yang ketat, pergaulan global yang intens, perubahan-perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang kehidupan dengan segala permasalahannya, serta tantangan sekaligus kebutuhan kepada kehidupan keberagaman yang lebih bermoral.

Disisi lain, pendidikan pada umumnya kurang mengarahkan proses belajar-mengajar kepada upaya-upaya pembangkitan kreatifitas anak didik, yang sesungguhnya merupakan kunci sukses anak-anak kita di masa depan.

Dengan hadirnya sekolah ini telah diterima bahkan mendapatkan perhatian luas baik dari masyarakat maupun dari pihak dinas pendidikan. Sejumlah pengakuan dari pemerintah melalui dinas pendidikan juga berbagai penghargaan yang telah diterima diantaranya Lazuardi ditunjuk sebagai Tim Pengembang Kurikulum 2013 sekala nasional, juga melalui Surat Keputusan Kadisdikpora Kota Surakarta nomor 954 / 55 / Kep / SD-AUD / 2013 telah ditetapkan sebagai Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi dan melalui Surat Keputusan nomor 954 / 66 / Kep / SD / 2013 telah ditetapkan sebagai Sekolah Pusat Sumber (RESOURCE CENTER) Penyelenggara Pendidikan Inklusif serta masih banyak lagi penghargaan dan prestasi yang telah dicapai oleh Lazuardi pada umumnya.

Yang menjadi concern utama Lauardi GIS tertera jelas dalam visi lembaga yakni “Mencapai world class school yang  dapat menjadi sumber inovasi dan kreativitas dalam upaya perbaikan terus-menerus falsafah, prinsip, sistem, dan praktik pendidikan serta mendorong ke arah pemerataan pendidikan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia”.

Sedangkan Misinya yakni “Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik, di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah-sekolah yang berkualitas”.

Sementara tujuan akhir (aim) pendidikan Lazuardi ialah “Menghasilkan siswa yang sejahtera baik secara fisik (sandang, pangan, papan), secara mental (memilki self esteem yang kuat), dan secara spiritual (memiliki sense of purpose in life dan sense of mission to help others,  demi meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat)”. (Fajar/rls)

To Top