Mengejutkan! Tempat di Bumi Ini Tanpa Gravitasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Mengejutkan! Tempat di Bumi Ini Tanpa Gravitasi

Pengunjung sedang berada di House of Mystery Oregon. FOTO : oregonvortex

FAJAR.CO.ID – Teori gravitasi yang telah dipercaya selama berabad lamanya seakan runtuh jika mengunjungi lima tempat misterius ini. Sebab, di kawasan tersebut, teori tadi tak berlaku.

St. Ignace Mystery Spot, Michigan

Luas area ini hanya sekitar 91 meter, atau hanya sebesar rumah di Perumnas. Namun misteri yang terasa dari lokasi itu sudah melegenda ke seluruh penjuru dunia, hingga bertahun-tahun sejak pertama kali ditemukan tahun 1950 silam.

Bernama St. Ignace Mystery Spot, di tempat ini orang yang bertubuh tinggi akan nampak lebih pendek daripada di luar area. Badan yang terasa lebih ringan pun bisa dimiringkan hingga 45 derajat tanpa jatuh ke tanah. Tapi hati-hati, berada lama di kawasan ini bisa membuat pusing.

Mystery Spot, Santa Cruz, California

Ditemukan tahun 1939 oleh para penjelajah yang heran tubuh mereka terasa lebih ringan saat melewati kawasan tersebut, Mystery Spot yang berada di Santa Cruz, California ini resmi dibuka untuk umum setahun kemudian. Itu setelah peneliti melakukan serangkaian penelitian di sana.

Saking misteriusnya tempat tersebut, orang bahkan bisa berjalan miring di tembok rumah kayu yang dibangun di sana. Dan anehnya, jika bola digelindingkan, arahnya bukannya turun malah sebaliknya. Bola itu naik! Tak hanya itu saja, pepohonan yang ada di area sekitar situ juga tumbuh secara miring.

Banyak orang yang berpendapat bahwa tempat ini hanyalah sebuah tempat yang didesain untuk menghasilkan ilusi optik. Tapi beberapa lainnya menganggap kawasan ini punya aura magis.

Spook Hill, Florida

Jika Anda mematikan mesin mobil di kawasan berbukit di Lake Wales, Florida, dapat dipastikan mobil akan melaju sendiri ke atas bukit. Tempat misterius itu bernama Spook Hill. Banyak cerita yang melatari kejadian ini. Kalangan rasional menganggap bahwa di atas bukit terkandung medan magnet dalam jumlah besar.

Namun, ada juga yang menganggap peristiwa itu tak lepas dari legenda masa lalu. Yakni, ada pimpinan suku Indian yang bertarung melawan buaya yang meneror desa tersebut. Pertarungan hebat pun terjadi. Baik pemimpin Indian maupun buaya sama-sama tewas. Keduanya tepat meninggal di atas bukit. Konon, roh keduanya menghantui bukit dan mengakibatkan daya magnet yang besar. Tentu ini percaya tidak percaya.

Tempat ini ditemukan pada tahun 1952 oleh dua orang mahasiswa yang sedang mencari tempat kemping. Ketika berada di tempat tersebut mereka tiba-tiba merasakan pusing dan badan tiba-tiba terasa ringan. Karena penasaran, akhirnya mereka mencoba meneliti tempat tersebut dan mendirikan sebuah kabin di atasnya. Tempat itu hingga sekarang dikenal sebagai Cosmos Mystery Area

Di tempat ini, Anda tidak saja bisa melihat ilusi optik tinggi badan seseorang yang sekilas nampak berubah, tetapi juga pohon-pohon yang tumbuh miring ke arah tertentu dan air sungai yang mengalir ke atas.

Tak hanya mobil, orang yang berjalan kaki pun juga akan merasakan “daya tarik” yang luar biasa. Sehingga jika dibandingkan, berjalan menuruni bukit di sini lebih melelahkan dibanding mendaki.

House of Mistery, Oregon Vortex

Di tempat berbentuk lingkaran ini, selain gaya gravitasi bumi yang tampaknya tidak berjalan sebagaimana mestinya, juga terdapat fenomena lain. Yaitu entah kenapa tidak ada hewan yang mau mendekati area tersebut. Bila Anda membawa kuda atau binatang lain ke dalam area itu, maka bisa dipastikan mereka semua akan merasa panik dan kabur. Karena fenomena ini, pada masa lalu suku Indian menyebut tempat ini sebagai “tempat terlarang”.

Sama seperti mystery spot yang lain, Oregon Vortex juga diyakini didesain khusus agar menyebabkan ilusi optik. Masalahnya adalah, tempat ini sudah ada sejak tahun 1914 dan di masa itu rasanya pengetahuan tentang ilusi optik belumlah secanggih sekarang. Juga pertanyaan tentang mengapa hewan-hewan tidak mau mendekati area tersebut? Belum ada penjelasan ilmiah untuk pertanyaan ini. (FAJAR/JPNN)

To Top