PAK!! Kenaikan Cabai itu Nggak Wajar, Usut Dong! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

PAK!! Kenaikan Cabai itu Nggak Wajar, Usut Dong!

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah mengusut kenaikan harga cabai. Menurut YLKI, pemerintah tidak boleh menyalahkan cuaca terkait persoalan itu.

“Seharusnya pemerintah bersama KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) bisa melakukan pengusutan dan penyidikan yang mengarah sebagai tindak pidana ekonomi,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam keterangan tertulis, Rabu (11/1).

Tulus menambahkan, pemerintah juga tidak boleh berdiam diri terhadap persoalan kenaikan harga cabai. “Pemerintah tak boleh membiarkan fenomena itu tanpa tindakan berarti dan menyerah pada pasar,” tuturnya.

Menurut Tulus, kenaikan harga cabai merupakan fenomena yang tidak rasional. Kenaikan harga itu, sambung dia, bukan disebabkan masalah cuaca atau gagal panen.

“Fenomena melonjaknya harga cabai diduga kuat karena ada pihak-pihak tertentu yang mendistorsi pasar, terutama di jalur distribusi. Entah dengan cara penimbunan atau kartel oleh pedagang besar dan distributor,” ungkap Tulus. (gil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top