5.000 Personil Polisi Amankan Aksi 121 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

5.000 Personil Polisi Amankan Aksi 121

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ribuan personel gabungan bakal dikerahkan dalam mengamankan aksi demo mahasiswa hari ini. Aparat yang mengamankan berasal dari unsur Polri, TNI, hingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Semuanya akan disiagakan menjaga jalannya unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Jabodetabek. Pengamana ini agar unjuk rasa dapat berjalan aman dan tidak menggangu aktivitas lain yang ada.

“Aparat gabungan ada sebanyak 5.828 personel yang diturunkan guna menjaga jalannya unjuk rasa,” tutur Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno saat dihubungi. Menurut dia, aparat itu akan mengawal demo hingga usai.

Namun demikian, ribuan aparat gabungan itu tidak diturunkan hanya untuk menjaga jalannya unjuk rasa BEM se-Jabodetabek. Dirinya menyebut, ribuan aparat gabungan itu juga akan mengawal aksi besar lainnya hari ini yang dilakukan oleh ribuan massa dari Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) yang akan melakukan aksi di depan Gedung MPR/DPR. “Itu (aparat gabungan) juga untuk mengawal aksi guru yang massanya mencapai ribuan,” kata dia.

Terkait pengalihan arus akibat adanya dua unjuk rasa besar itu, Suyatno mengaku bahwa pihak kepolisian belum akan melakukannya. Pengalihan arus, lanjutnya, akan dilakukan mengikuti situasi perkembangan di lapangan.

“Untuk sementara tidak ada (pengalihan arus). Itu bersifat situasional melihat kondisi di lapangan,” tukas dia. (Fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top