Disini Janda Muda Banyak Bro, Ademm.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Disini Janda Muda Banyak Bro, Ademm..

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR – Kasus perceraian di Kabupaten Bulungan pada awal tahun ini sepertinya menunjukkan angka yang lumayan banyak. Sepuluh hari pertama di 2017 sudah ada 15 kasus baru dan 1 kasus perceraian lanjutan dari 2016 lalu yang tercatat di Pengadilan Agama (PA) Tanjung selor.

Dikatakan Humas Pengadilan Agama Tanjung Selor, Basarudin, dalam kasus perceraian tersebut ada 1 kasus yang merupakan verzet. Kata dia, maksud dari kasus yang merupakan verzet ialah upaya terhadapan putusan yang dijatuhkan pengadilan karena tergugat tidak hadir pada persidangan pertama atau verstek. “Dalam hal perlawanan telah diajukan dan ternyata pada hari sidang yang telah ditentukan terlawan atau kuasanya tidak datang menghadap di persidangan,” terangnya.

Sementara itu, lanjut dia, verstek sendiri merupakan pemberian wewenang kepada hakim untuk memeriksa dan memutuskan perkara meskipun penggugat atau tergugat tidak hadir di persidangan pada tanggal yang ditentukan.  Dengan demikian putusan diambil dan dijatuhkan tanpa bantahan atau sanggahan dari pihak yang tidak hadir.

Dikatakannya, dari 15 kasus baru yang tercatat sebanyak 12 kasus merupakan gugatan dan 3 kasus permohonan. Sebanyak 12 kasus gugatan sendiri masing-masing penggugat pria 4 orang dan wanita 8 orang. Tidak hanya itu, untuk pemohon sendiri ada 2 yang merupakan dispensasi nikah. Maksudnya, perkawinan yang dilakukan sebelum usia 19 tahun bagi laki-laki dan sebelum usia 16 tahun bagi perempuan. Di bawah batas minimal tersebut, harus mengajukan dispensasi nikah atau kawin. Untuk melaksanakan perkawinan di bawah umur, kedua orang tua laki-laki maupun kedua orang tua perempuan dapat meminta dispensasi atas ketentuan umur kepada PA bagi yang beragama Islam dan Pengadilan Negeri (PN) bagi yang non-Islam. “Sempat ada kejadian dulu, anaknya mau dinikahkan di KUA ditolak, akhirnya orang tuanya ke sini untuk meminta dispensasi nikah,” bebernya.

Dari 12 gugatan tersebut rata-rata umur pria atau wanita yang bercerai 25 tahun ke atas. “Masih kepala 2 (umurnya, Red),” ucapnya. (fai)

Click to comment
To Top