CAKEP! Rangking Fakultas Bisnis UI Mulai Diakui Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

CAKEP! Rangking Fakultas Bisnis UI Mulai Diakui Dunia

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) kembali mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Bisnis terbaik di Indonesia.

Prestasi itu disertai peringkat ke-39 dari 150 Sekolah Bisnis Terbaik di Asia. Capaian tersebut dirilis oleh The Eduniversal Best Business School Ranking, sebuah lembaga pemeringkatan internasional ternama berbasis di Perancis yang telah diakui dunia.

Selain itu, FEB UI juga berhasil meraih predikat sebagai Sekolah Bisnis Unggul dengan jaringan internasional yang luas (Excellent Business School with Reinforcing International Influence). Hasil pemeringkatan itu diumumkan pada acara The 9th Eduniversal World Convention di Curtin University – Bentley School di Perth, Australia.

Saat ini, FEB UI telah ikut serta dalam beragam jaringan akreditasi internasional. Di antaranya AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business), AUN (ASEAN University Network) dan ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow).

Selain itu FEB UI juga aktif di dalam jaringan institusi pendidikan tingkat internasional seperti AAPBS (Association of Asia-Pacific Business Schools), GNAM (Global Network for Advanced Management) yang dimotori oleh Yale University di Amerika serta AUN dan tergabung ke dalam kolaborasi pendidikan bilateral dengan berbagai negara seperti Melbourne Business School dan Groningen University.

Dalam tahapan Dean’s Vote yang dilakukan oleh The Eduniversal, FEB UI berhasil meraih dukungan sebanyak 144% dan angka tersebut meningkat dimana dua tahun lalu (2014) meraih dukungan sebesar 116%.

Dekan FEB UI Ari Kuncoro mengaku bangga atas pencapaian ini, karena Sekolah Bisnis di Indonesia dapat diperhitungkan di kancah internasional khususnya di tingkat Asia. Dia berharap prestasi ini mampu meningkatkan akreditasi dan reputasi FEB UI di kancah internasional.

“Terus mendorong FEB UI sebagai lokomotif lembaga Pendidikan Tinggi yang menghasilkan SDM unggul dalam bidang pembelajaran dan riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi yang mampu berkontribusi terhadap pembangunan bangsa,” katanya dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (11/1).

The Eduniversal melakukan pemeringkatan terhadap 1.000 sekolah bisnis yang tersebar di 154 negara pada sembilan zona geografis. Yakninya, Afrika, Amerika Latin, Amerika Utara, Asia Tengah, Asia Timur Jauh, Eropa Barat, Eropa Timur, Eurasia dan Timur Tengah, serta Oseania.

Proses pemeringkatan Eduniversal berlangsung dalam 3 tahap, yaitu Pemilihan sekolah bisnis berdasarkan negara atas Kriteria Kuantitatif dan Kriteria Kualitatif, tahap kedua yaitu Klasifikasi Peringkat sekolah bisnis berdasarkan “Palmes of Excellence” dengan Kriteria Internasionalisasi dan terakhir adalah Pemungutan Suara Dekan dari berbagai sekolah bisnis (Dean’s Vote).

The Eduniversal merupakan lembaga pemeringkat global, berkantor pusat di Paris, yang pengelolaannya sendiri dilakukan oleh SMBG sebuah lembaga konsultasi di Perancis yang telah berpengalaman selama 22 tahun dalam mengevaluasi dan menilai pendidikan perguruan tinggi. Untuk melihat hasil pemeringkatan dapat mengunjungi laman: http://www.eduniversal-ranking.com/. (fajar/JPG)

Click to comment
To Top