Ini Alasan Anak Bisa Terlahir Kembar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Ini Alasan Anak Bisa Terlahir Kembar

FAJAR.CO.ID – Tidak perlu heran mengapa anak bisa terlahir kembar. Ada penjelasan ilmiah dan ajaib dari teori dua gen yang diturunkan oleh sel sperma dan sel telur.

Ada mitos yang mengatakan jika Anda memiliki leluhur yang mempunyai keturunan anak kembar, maka Anda dapat berpotensi juga mengalami hal yang sama. Nah, apakah hal itu benar?

Dokter Spesialis Kandungan dr. Kartiwa Hadi N SpOG (K) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan, setiap pria ejakulasi mengeluarkan sperma yang mengandung gen anak perempuan dan anak laki-laki. Sebaliknya, perempuan hanya memiliki gen anak perempuan. Jika anak lahir kembar, kata Kartiwa, maka ada dua alasannya.

“Kalau anak lahir kembar, ada dua alasannya. Kembar dari sel telur memecah, satu telur, dan satu sperma pecah jadi dua. Atau, ada sel telur yang dibuahi dua sperma yang berbeda,” katanya kepada JawaPos.com, Rabu (11/1).

Kartiwa menambahkan, jika berasal dari dua sel telur dan dua sel sperma yang berbeda maka sifatnya akan berbeda. Namun, hal ini jarang terjadi. Peluang paling besar yang banyak terjadi yaitu satu sel telur dan satu sel sperma.

“Anak kembar misalnya, sudah jadi tapi ada lagi (pembuahan), bisa besoknya namun itu jarang sekali,” katanya.

Pria memiliki sperma dengan kandungan gen X (anak perempuan) dan gen Y (anak laki-laki). Perempuan hanya mempunyai gen perempuan (gen).

“Kalau pria yang menyumbang gen X bertemu dengan gen X maka anaknya perempuan. Jika pria menyumbang gen Y bertemu X maka jadi anak laki-laki,” ungkap Kartiwa.

Kartiwa menegaskan tidak ada keharusan atau mempercayai mitos untuk makan makanan tertentu jika menginginkan anak kembar, anak laki-laki, atau anak perempuan. “Tidak ada pengaruh soal makanan, hanya anjuran makan sehat supaya spermanya kuat,” tegasnya. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top