Untung Ada Pak Taufik, Nyawa Bekantan yang Hanyut Bisa Tertolong, Terima Kasih… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Untung Ada Pak Taufik, Nyawa Bekantan yang Hanyut Bisa Tertolong, Terima Kasih…

bengkantan yang diselamatkan langsung akrab dengan taufik

FAJAR.CO.ID, SAMPIT – Warga sekitar Pelabuhan Habaring Hurung Sampit dihebohkan dengan bekantan yang hanyut di Sungai Mentaya, Selasa (10/1) sekitar pukul 15.30 WIB. Hewan yang diperkirakan berusia sekitar 10 tahun itu tampak lemas.

Taufik, motoris kelotok, berusaha menyelamatkan bekantan tersebut dengan mendatangi ke tengah sungai bersama beberapa orang. ”Bekantan menyebarang menuju pelabuhan penumpang dermaga umum. Kondisinya sudah lemas ketika baru diselamatkan,” ungkap Taufik, Selasa (10/1).

Setelah beberapa menit dievakuasi, bekantan kembali segar.  Binatang itu diikat agar tidak menyerang warga. Berulang kali bekantan menggigit tali yang melilit di pinggangnya. Sesekali hewan bertaring itu mengamuk lantaran banyak orang yang mendekat.

Kabar penyelamatan bekantan ini pun sampai ke Pos Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit. Komandan Pos BKSDA Sampit Muriansyah bersama petugas dari instansi lainnya mengamankan bekantan tersebut. Bekantan tidak lagi di bawa ke Suaka Marga Satwa Lamandau di Kobar, melainkan dilepasliarkan di hutan Desa Mentaya Seberang.

”Ini yang ke dua kalinya bekantan hanyut. Melalui beberapa pertimbangan, diputuskan dilepaskan kembali ke habitat aslinya,” jelas Muriansyah.

Apabila bekantan tersebut dibawa ke Pangkalan Bun, kemungkinan hewan itu mengalami stres. Selain itu, ada protes dari warga Kotim lantaran hewan selalu dikirim ke luar daerah.

”Kita memang masih belum memiliki taman khusus untuk binatang, tetapi hutan belantara di Kecamatan Seranau ini masih lebat. Apalagi asal Bekantan ini juga dari sana,” ujarnya.

Mengenai banyaknya bekantan yang nekat menyeberangi sungai, Muriansyah mengungkapkan, salah satu penyebabnya karena habitatnya sudah mulai rusak. ”Perkiraan karena hutan di Seranau sudah mulai rusak,” tutupnya. (mir/yit)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top